Teras Baca Ile Napo Tularkan Spirit Kebersamaan Bangun Kampung

Kegiatan Teras Baca Ile Napo di HUT Perdananya, Sabtu (25/1) yang terkemas  dalam Cerita Literasi Bangun Kampung (CLBK) 2020 bertempat di MIS Menanga. Foto : BNN/Emnir.

Solor/BaliNewNetwork.com- Bersatu hati untuk  membangun Lewotanah (Desa), demikianlah spirit Cerita Literasi Bangun Kampung (CLBK) 2020 yang dilaksanakan warga Teras Baca Ile Napo bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Menanga, Desa Menanga, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur-NTT, Sabtu (25/1).

Tidak saja menggairahkan kreativitas pada dunia anak-anak usia sekolah lewat dunia literasi, Khairani Indah Lamen, Yohanes Dionisius Dany, Eduardus Jong Eda Sogen bersama barisan Pembina Teras Baca Ile Napo di momen perayaan HUT Perdananya tersebu,  bahkan tak kenal lelah mengajak semua komponen pembangunan di desa Menanga khususnya, dan Solor Timur umumnya, untuk bersama-sama membangun kepekaan  masyarakat akan aktivitas literasi .

Berkolaborasi bersama motivator patner (relasi motivator), warga Teras Baca Ile Napo mewarnai kegiatan  Cerita Literasi Bangun Kampung yang dihadiri oleh pihak Pemerintah Kecamatan Solor Timur, Koramil Solor, Polsek Solor, Puskesmas Menanga, Pemerintah Desa Menanga, para pendidik Paud-TK dan SD serta warga didik Paud-TK se-desa Menanga serta relawan motivator tersebut, dengan spirit merajut kebersamaan dan kekompakan untuk membangun kampung atau desa.

“Partisipasi aktif semua komponen yang terlihat di arena Kelas Motivasi, Pemeriksaan Kesehatan untuk anak-anak usia TK, Gosok Gigi Massal, Lomba Menggambar dan Mewarnai  Tingkat TK, Pojok Literasi serta Panggung Ekspresi yang kami kemas dalam CLBK 2020 ini, hanya mau memperlihatkan bangunan koordinasi, komunikasi dan kebersamaan untuk membangun lewo atau kampung atau desa. Artinya, dengan kebersamaan  yang kompak kita bisa membangun lewotanah kita.” ujar Khairani Indah Lamen, Eduardus Jong Edo Sogen dan Yohanes Dionisius Dany di sela-sela kegiatan CLBK 2020 ala Teras Baca Ile Napo.

Mengusung Tema Cerita Literasi Bangun Kampung 2020 : Dari Desa Untuk Indonesia, warga Teras Baca Ile Napo melalui Kepanitiaan CLBK 2020  menularkan penguatan pada warga binaan dan semua stakeholder baik di desa Menanga maupun Kecamatan Solor Timur bahwa meskipun terlahir dari kampung (desa) dan berdiam di kampung,namun kelak, anak-anak Solor akan memberikan kontribusinya untuk Indonesia melalui prestasi, baik prestasi di sekolah, maupun prestasi di bidang kerja serta prestasi di kehidupan sosial kemasyarakatan.

“Kami sudah membuktikan itu. Dari kampung ini, ada warga binaan Teras Baca Ile Napo yang lolos seleksi dan mengikuti Pertukaran Pelajar Antar Daerah dalam Program Adik Sabang Marauke di Jakarta di 2019 silam. Kami bahkan di ditunjuk Pemerintah Kecamatan Solor Timur sebagai  salah satu lembaga yang berinovasi dan mempresentasikan inovasi kami dihadapan Ketua Tim PKK Kabupaten Flores Timur pada acara Inovasi Desa tingkat Kecamatan Solor Timur di tahun lalu. Gerakan cinta lingkungan melalui penanaman Mangrove di pantai desa Menanga, pun kami lakukan dalam gandengan kerja sama dengan pihak Misool Baseftin,Koramil Solor, Polsek Solor,dan Pemerintah Desa Menanga. Jadi,kebersamaan itu,ya,hanya dengan kebersamaan yang kompak,walau dari kampung,kita bisa berkontribusi baik untuk kampung, untuk Kabupaten, untuk Propinsi kita dan untuk Indonesia kita ini ! Itulah spirit dari CLBK 2020 ini! tandas Anil, Edo dan Dany penuh semangat. Proficiat ! HBD buat Teras Baca Ile Napo. ( Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment