Rai Mantra: Program Pembangunan Harus Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat 

Denpasar/BaliNewsNetwork-Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, membuka Musyawarah Rencanan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Denpasar Timur, di Ruang Pertamuan Kantor Desa Sumerta Kelod, Jumat (17/1/2020).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Kota Denpasar, Perbekel/ Lurah se-Kecamatan Dentim, Bendesa, Pengurus LPM , Tokoh Masyarakat, serta OPD terkait lainnya.

Camat Denpasar Timur, Wayan Herman mengatakan musrenbang ini membahas 74 usulan dan 29 kegiatan dengan nilai keseluruhan 78 milliar lebih. Dari total usulan tersebut, memfokuskan pada program kegiatan pemeliharaan jalan, jembatan serta saluran drainase.

Program usulan ini merupakan hasil musrembang dari desa/kelurahan yang tak terlepas dari pembangunan dari masyarakat dan melibatkan masyarakat.

“Secara keseluruhan usulan dari desa kelurahan serta dinas instansi tingkat Kecamatan Dentim yang telah dirinci serta dapat dibahas secara sungguh-sunguh serta menghasilkan usulan yang maksimal, realitas, strategis dari segi kebutuhan,” ujarnya.

Sementara Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan dari Musrenbang Dentim agar memperhatikan skala prioritas dan kemanfaatan bagi masyarakat.

Seperti dalam program pelayanan dasar sebagai prioritas dapat diperhatikan dengan cermat yang meliputi pendidikan, infrastruktur, hingga kesehatan.

Disamping itu terkait dalam permasalahan sosial dapat dilakukan sinergitas program dari desa kelurahan, kecamatan hingga keterlibatan OPD terkait melakukan konektifitas melihat potensi daerah masing-masing.

“Usulan tentunya harus diimbangi dengan data dan analisis data agar dapat memberikan kemanfaatan yang maksimal kepada masyarakat,” ujar Rai Mantra.

Dari langkah ini nantinya desa kelurahan hingga kecamatan dapat melakukan evalausi program serta memberikan program yang tepat sasaran dalam menanggulangi permasalahan yang ada.

Sinergitas ini juga dapat memudahkan seperti dalam pelaksanaan musrenbang dari desa kelurahan untuk melanjutkan perencanaan dan menentukan skala prioritas yang dibutuhkan serta dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment