Dua Batang Bambu ‘Ditanam’ di Ruas Jalan III Pohon Bao-Larantuka

Dua batang bambu ‘ditanam’ di tengah ruas Jalan III pada kawasan RT 04, RW 08 Kelurahan Pohon Bao,Kecamatan Larantuka,Flores Timur-NTT. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Melintasi wilayah Kelurahan Pohon Bao, Kecamatan Larantuka, Flores Timur-NTT , tepatnya di perempatan Jalan III,  RT 04, RW 08, tampak ‘tertanam’dua batang bambu persis di tengah jalan. Ada sebatang berukuran pendek, dan sebatang lagi berukuran panjang.

‘Tanaman’ dua batang bambu tersebut bukan bagian dari gerakan penghijauan, namun merupakan tanda bahwa pada titik tersebut ada jalan berlubang. Lubang tersebut adalah hasil pecahan dari plat deker yang membujur pada ruas jalan yang menghubungkan antara Kelurahan Pohon Bao dan Ekasapta di jalur Jalan III itu.

“Sudah agak lama bambu ini ditancapkan pada lubang jalan ini, namun tidak juga mendapat perhatian dari instansi teknis. Kedua batang bambu ini  sengaja dipasang warga di sini,  hanya sebagai tanda bagi para pengendara agar ketika melintasi ruas jalan tersebut, mereka lebih berhati-hati. Memang harus berhati-hati, karena  ruas jalan ini merupakan pertemuan kendaraan baik dari arah Ekasapta ke Pohon Bao -PP ( pada arah lurus ) maupun dari arah pasar Larantuka menuju Pohon Bao dan sebaliknya, serta dari arah Pohon Bao ke arah Lewerang dan sebaliknya. Bila arus lalulintasnya ramai, otomatis terjadi kemacetan panjang di areal itu. Potensi kecelakaan pun cukup tinggi bila tidak diikuti dengan kehati-hatian,” ujar Yosep Parera, salah seorang warga RT 04, RW 08, Kelurahan Pohon Bao.

Pantauan BaliNewsNetwork.com pada Sabtu (11/1),  terkelupasnya lapisan atas plat deker tersebut sangat mengganggu pergerakkan kendaraan yang melintasi ruas jalan itu. Baik Yos Parera, maupun warga di sekitar lokasi ‘penanaman’ dua batang bambu itu berharap agar kerusakan itu segera diperbaiki mengingat sekarang adalah musim hujan. Bila tidak segera diperbaiki maka lubang pecahan tersebut akan melebar tergerus banjir yang melintasi parit deker tersebut. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment