Kadis DLH Flotim ‘Angkut’ Sampah, Olus : Itu Tugas!

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabuapten Flores Timur Servulus Satel Demoor, S.Hut bersama Tim Kebersihan DLH memimpin aksi melenyapkan timbunan sampah pada sejumlah titik dalam kota Larantuka, Jumat (10/1).Foto :BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Setelah dilantik sebagai Kepala Dinas Lingkugan Hidup Kabupaten Flores Timur pada Rabu (8/1), Servulus Satel Demoor, S.Hut langsung melancarkan aksi  melenyapkan timbunan sampah yang  terlihat di beberapa titik dalam kota Larantuka.

Mengawalinya dengan membangun motivasi pada warga dinasnya, mantan Kabag Umum Setda Flotim itu lalu menggairahkan seluruh warga instansi yang dipimpinnya itu untuk bekerja dengan hati sesuai bidang kerja mereka dan mengajak mereka untuk saling mendukung.

Memprioritaskan pada persoalan sampah yang menjadi momok dalam kota Larantuka, Olus Demoor -nama panggilannya- walau dengan keterbatasan armada pengangkut sampah, pun memimpin langsung aksi gerakan melenyapkan timbunan sampah  tersebut. Sebagaimana yang terjadi pada Jumad (10/1),usai melakukan pemantauan pada sejumlah  Tempat Penampung Sampah (TPS) dalam kota Larantuka, Olus Demoor bersama pasukan kebersihan instansinya itu langsung melenyapkan timbunan sampah  tersebut.

“Untuk aksi perdana ini, kami memprioritaskan pada TPS  sepanjang jalan utama dalam kota ini, khususnya pada titik-titik  yang memang sangat mengganggu baik dari aspek estetika maupun dari aspek kesehatan. Kami memiliki 3 armada pengangkut sampah, dengan kondisi dua siaga pakai, dan satunya dalam keadaan rusak. Ada 59 TPS  dalam kota ini, dengan jangkauan pembuangan pada TPA Riangkoli. Dengan jarak titik pembuangan akhir itu,maka setiap hari kerja, kedua armada tersebut secara masing-masing hanya sanggup  mengangkut 3 reit sampah. Walau dalam keterbatasan sarana itu, kami  senantiasa memaksimal kerja untuk mengurangi timbunan sampah itu. Persoalan sampah, bagi saya bukan merupakan persoalan yang luar biasa, itu tugas saya!  Dan secara tim, kami akan bekerja membereskannya,” tegas Olus Demoor yang dikonfirmasi BaliNewsNetwork.com di ruang kerjanya, Jumat (10/1)  terkait menumpuknya sampah pada sejumlah titik dalam kota Larantuka.

Walau telah memantapkan tekadnya untuk mengindahkan kota Larantuka lewat gerakan menghilangkan timbunan sampah, toh Olus Demoor tetap mengajak warga kota Larantuka untuk bersama-sama menjaga kebersihan kota  dengan cara tidak membuang sampah secara sembarangan. Buanglah sampah pada TPS-TPS yang ada ! Serta jangan membuat sesak TPS dengan sampah berupa dahan dan ranting pepohonan yang tidak beraturan.

Sebagaimana yang pantauan media ini, timbunan sampah yang biasa terlihat pada pintu masuk areal pasar Larantuka, di Jumat (10/1) sudah tidak terlihat lagi. Demikian pun pada TPS  PPI Amagarapati dan timbunan sampah kian berkurang. Namun pada sejumlah TPS di sudut beberapa kelurahan dalam kota Larantuka, masih terlihat tertutup  sampah, bahkan telah terjurai ke bahu jalan.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment