Perdana Ikut Akreditasi,Si Bungsu Puskesmas Nagi Raih Peringkat Utama

Tim Kerja Puskesmas Nagi (Larantuka). Foto: BNN /doc.yankes/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Walau baru pertama kali mengikuti proses Akreditasi Puskesmas di Tahun 2019 , puskesmas bungsu di kabupaten Flores Timur itu berhasil menyabet prestasi gemilang. Kekompakan barisan yang sedang dipimpin Apolonia Layu, Amd.Kep tersebut berhasil  menghantar Puskesmas Nagi-Larantuka meraih peringkat Utama.Sedangkan lima puskesmas yang bersama Puskesmas Nagi di perdana Akreditasi itu menempati rangking Madya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur, Agustinus Silimalar yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Flotim, Surianty S.Abdullah,SKM diruang kerjanya, Selasa (10/12) menjelaskan di Tahun 2019, ada 11 puskesmas di Kabupaten Flores Timur yang mengikuti Akreditasi. Enam diantaranya baru pertama kali mengikuti proses tersebut sedangkan kelima lainnya  adalah Re-Akreditasi.

“Ke-6 puskesmas yang baru pertama kali mengikuti Akreditasi itu adalah Puskesmas Lato, Puskesmas Demong Pogong, Puskesmas Nagi, Puskesmas Waimana, Puskesmas Lite, dan Puskesmas Baniona. Menariknya,walau baru ‘lahir’, si bungsu itu (Puskesmas Nagi ),berhasil melejit meraih peringkat Utama. Sedangkan kelima puskesmas lainnya meraih prestasi Madya.” papar Surianty S.Abdullah.

Sementara itu kelima puskesmas yang mengikuti proses Re-Akreditasi  adalah Puskesmas Waiwadan, Puskesmas Waiwerang, Puskesmas Oka, Puskesmas Ritaebang, dan Puskesmas Boru. Di proses penilaian ulang ini, Puskesmas Waiwadan berhasil melenting gemilang meraih  peringkat Utama meninggalkan nilai  Dasar di pelaksanaan Akreditasi di  Tahun 2016 silam.

“Kelima puskemas yang mengikuti Re-Akreditasi di tahun ini, hanya Puskesmas Boru yang belum mendapat hasil penilaian itu. Hal itu terjadi karena pelaksaan Re-Akreditasi pada puskesmas tersebut baru saja dilaksanakan beberapa hari lalu.Semoga minggu depan, hasil penilaian itu sudah kita terima. Puskesmas Waiwadan sukses meraih peringkat Utama di Re-Akreditasi ini. Sedangkan Puskesmas Ritaebang, Puskesmas Waiwerang, dan Puskesmas Oka sukses meraih peringkat Madya.” urai Yanti Abdullah dengan raut wajah gembira.

Dengan keikutsertaan ke-6 puskesmas di Akreditasi Tahun 2019  ini maka  dari total 21 puskemas di Flotim, semuanya telah berstatus Terakreditasi. Hal itu memudahkan bagi Pemkab Flotim dalam membangun kerja sama dengan pihak BPJS. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment