Pemkab Flotim Benarkan Pangkat dr.Ogie IVa Sewaktu Ikut Pansel

Dari kiri, Kepala BKPP Flores Timur , Fidelis Larantuka, dan Sekda Paulus Igo Geroda, melakukan klarifikasi tentang keabsahan jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flotim, Senin (9/12). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Pemerintah Kabupaten Flores Timur membenarkan bahwa  ketika mengikuti proses seleksi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Tahun 2018, dr.Agustinus Silimalar  masih berpangkat IVa .Kondisi itu normal, dan sah karena dirinya sedang dalam jenjang jabatan fungsional ahli madya. Keikutsertaan dr.Ogie Silimalar  pada seluruh tahapan Pansel hingga akhirnya dipilih dan dilantik oleh Bupati  Flores Timur Anton Hadjon sebagai Pejabat (Pj) Kepala Dinas Kesehatan  tersebut sama sekali tidak menyalahi aturan sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 107 point c angka 4 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 .

Sekertaris Daerah Kabupaten Flores,Paulus Igo Geroda bersama Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan,dan Pelatihan (BKPP) Flotim, Fidelis Larantukan yang mendapat mandat Bupati Anton Hadjon untuk mengklarifikasi pemberitaan yang dilansir  BaliNewsNetwork.com dengan judul Kadis Kesehatan Flotim Saat Ini diduga Palsu-Hasil Pansel Berpangkat IVb , Pakai TMT Orang lain, secara tegas mengatakan jabatan Kepala Dinas Kesehatan yang tersandang oleh dr .Ogie tersebut adalah sah karena berproses dengan mekanisme yang benar dan dipertanggungjawabkan hingga ke Pemerintah Pusat melalui Komisi ASN.

Bertempat di ruang kerja Sekda Paulus Igo Geroda, Senin (9/12)  baik Sekda Igo Geroda maupun Kepala BKPP, Fidel Larantuka kepada sejumlah wartawan , dengan terus menerus menegaskan keabsahan jabatan kadis yang kini disandang oleh dr.Ogie Silimalar itu , menegaskan karena kondisi jenjang kepangkatan dr.Ogie (waktu itu) adalah  fungsional ahli madya- IVa, maka ketika dilantik,  nomenklatur jabatannya yang tertulis pada SK Pelantikannya adalah Pejabat (Pj) Kepala Dinas Kesehatan, tidak serta merta  Kepala Dinas, karena untuk jabatan Kepala Dinas harus berpangkat dasar IVb.

“Membaca keseluruhan isi berita yang dilansir BaliNewsnetwork.com tersebut, kami tidak menemukan satu kebenaran pun di dalamnya. Semua yang terbeberkan dalam berita itu  salah ! Benar bahwa kepangkatan dr.ogie sewaktu dirinya mengikuti pansel tersebut masih IVa, dan itu sah atau dibenarkan oleh aturan,karena jenjang jabatannya adalah fungsional ahli madya. Kondisinya normal  dan semuanya telah melalui tahapan panjang dalam proses seleksi tersebut.Terkait  pencantuman kepangkatan dr.Ogie IVb dan dr.Yoseph Kopong Daten IVa (terbalik) dalam pengumuman hasil Pansel itu adalah kesalahan pengetikan. Kondisi tersebut langsung diperbaiki setelah mendapat klarifikasi dari Dr.Yosep Kopong Daten tak lama berselang setelah pengumuman itu tertempel. Waktu itu memang ada kesalahan pengetikan pada kepangkatan kedua mereka. Dokter Yosep Kopong Daten yang seharusnya berpangkat IVb tertulis IVa dan sebaliknya dr.Ogie yang seharusnya IVa, tertulis IVb.Tak lama setelah pengumuman ditempel, Dokter Yos Kopong Daten melihat kesalahan itu dan langsung menyampaikan kepada kami, dan langsung disaat itu juga  terjadi perbaikannya dan kemudian ditempel kembali. Itu murni kesalahan pengetikan.” kisah Sekda Paulus Igo Geroda dan Kepala BKPP, Fidel Larantukan. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment