Pembukaan HAB ke-74, Kemenag Flotim Terus Gemahkan Persatuan Dalam Perbedaan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur,Martinus Tupen Payong  sedang memberikan Keterangan pada wartawan dalam kaitannya dengan rangkaian kegiatan HAB ke-74 di FLotim. Foto: BNN/Emnir

Larantuka/BaliNewsNetwork-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Flores Timur terus mengajak semua komponen masyarakat di bumi Lamaholot Flores Timur untuk terus merekatkan persatuan dan kebersamaan dalam perbedaan yang telah terbina dengan baik selama ini. Moderasi beragama di Kabupaten Flores Timur tercipta bukan karena ada pencanangan, namun moderasi beragama yang telah terpupuk sejak dulu kala itu lahir dari kekentalan relasi opu-pain,kaka-arin (kemesrahan relasi kakak adik dan relasi sebagai saudara).

Kepala Kemenag Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payong disela-sela pembukaan kegiatan Hari Amal Bakti (HAB)  ke-74 Tingkat Kantor Kemenag Kabupaten Flotim, Kamis (21/11) secara tegas menandaskan konsep moderasi beragama di Flotim lahir dari ketulusan hati yang terpraktekan sejak dahulu kala oleh nenek moyang warga lamaholot. Warga Lamaholot Flotim  sangat menghayati dan menjunjung tinggi filosofi kaka- arin, bahwa kami adalah kakak beradik, dan opu- pain, bahwa kami  bersaudara.

“Sungguh indah hubungan kekerabatan yang terjalin di bumi Lamaholot Flotim ini  walau dalam perbedaan, termasuk berbeda dalam hal iman dan kepercayaan (beragama), karena orang Flores Timur sungguh- sungguh menghayati, sungguh berpegang teguh, dan senantiasa menjalankan ajaran warisan nenek moyang akan relasi kaka-arin dan opu-pain, relasi kakak adik dan relasi sebagai saudara. Kami memiliki kekentalan hubungan itu, hubungan persaudaraan sejak dari nenek moyang hingga kini, hingga detik ini. Kami sesungguhnya sudah lama bermoderasi, bukan karena adanya pencangan moderasi ini !” tandas Kakan Kemenag Flotim Martinus Tupen Payong sambil mengulum senyum khasnya.

Untuk semakin mempererat kekerabatan tersebut, dalam acara Pembukaan HAB ke 74 Tingkat Kantor Kemenag Flotim tersebut, barisan Kepanitiaan yang dikomandani Yance Bataona pun melantangkan dan menggemahkan literasi moderasi beragama  dalam nuansa kebersaaam bertempat di SMAK  St.Asisi Larantuka. Seluruh kawanan yang berhimpun di rumah Kantor Kemenag Flotim itu lalu bergerak mengelilingi sepenggal kota Larantuka memperlihatkan kerekatan kebersamaan dan persaudaraan yang terjalin penuh mesrah di Tanah Lamaholot itu. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment