Simpan Ganja Cair, Bule Jerman Diadili dan Terancam 12 Tahun Penjara

Davids Ludwig, wisatawan asal Jerman yang diadili karena kedapatan menyimpan ganja cair.Foto:BNN/pro

Denpasar/BaliNewsNetwork-Bule kelahiran Geilenkirchen, Jerman, Davids Ludwig (51) yang kedapatan menyimpan narkotika jenis ganja cair, Selasa (12/11/2019) diseret ke Pengadilan Negeri (PN) Denpasar untuk diadili.

Sidang yang dipimpin oleh Hakim I Wayan Gede masih mengagendakan pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Komang Swastini. Sementara terdakwa dalam perkara ini didampingi pengacara I Made Suwardika Adnyana.

Dalam dakwaan diungkap, terdakwa ditangkap pada tanggal 13 Agustus 2019 sekira pukul 16.15 WITA di Wisata Beach Inn Villa nomor 6 Jalan Padma Gang Wisata Legian Kaja Kuta, Badung yang merupakan tempat tinggal sementara terdakwa selama di Bali.

Dari penangkapan terhadap terdakwa, tim Resnarkoba Polresta Denpasar berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah botol yang berisikan cairan vape (rokok eletrik) berwarna coklat yang mengandung sediaan narkotika jenis ganja seberat 37,89 gram.

Selain itu tim juga menemukan satu buah vape yang ujungnya terdapat cairan warna coklat yang juga mengandung ganja seberat 0,21 gram.

Dalam dakwaan disebut pula penangkapan terdakwa berawal dari adanya informasi masyarakat yang menyebut bahwa terdakwa sering menggunakan narkotika. Atas laporan itu tim Resnarkoba Polresta Denpasar langsung melakukan penyelidikan hingga penangkapan terhadap terdakwa.

“Saat ditangkap, kepada petugas terdakwa mengaku cairan vape yang mengandung sediaan ganja itu adalah miliknya yang dibeli dari Jerman sebanyak 5 liter yang rencananya akan digunakan sendiri,” ujar jaksa Kejari Denpasar itu dalam dakwaannya.

Atas perbuatannya itu terdakwa dijerat dengan Pasal 111 ayat (1) Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika atau Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang yang sama dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.(pro)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment