Curi Obat HIV, Pria Asal Jombang ini Divonis Hukuman 8 Bulan

Siswantoro yang mencuri obat imun milik mantan “pacarnya”.Foto:BNN/pro

Denpasar/BaliNewsNetwork– Siswantoro, pria asal Jombang yang mencuri obat imun (HIV) milik pasangan sesama jenisnya hanya bisa menundukkan kepalanya saat majelis hakim di PN Denpasar menjatuhkan hukuman 8 bulan.

“Mengadili terdakwa bersalah melawan hukum telah melakukan tindak pencurian sebagaimana tertuang dalam dakwaan. Terdakwa telah melanggar Pasal 363 ayat (1) ke-3 dan ke-5 KUHP dan menjatuhkan hukuman selama delapan bulan penjar,” putusan Hakim Koni Hartanto Senin (21/10/2019).

JPU I Gede Agus Suraharta dari Kejari Badung yang sebelumnya menuntut perbuatan terdakwa dengan hukuman selama 12 bulan, menyatakan menerima putusan majelis hakim di persidangan.

Dijabarkan Jaksa bahwa dijeratnya terdakwa akibat mencuri obat imun (kekebalan tubuh) yang dikonsumsi rutin oleh korban WNA yang merupakan kekasih terdakwa. “Antara korban dan terdakwa pasangan sejenis,” imbuh JPU.

Dijelaskan JPU dihadapan Majelis Hakim pimpinan Koni Hartanto bahwa terdakwa kelahiran 4 Juli 1983, itu diamankan pada Sabtu, 22 Juni 2019 pukul 22.00 Wita di Jalan Betaka Banjar Penggilingan Dalung.

Ditangkapnya berawal saat terdakwa masuk rumah kekasihnya yang saat itu dalam kondisi sedang renovasi. Terdakwa berani masuk rumah pelapor yang sebelumnya sempat tinggal bareng, setelah diketahu pelapor atau kekasihnya sedang pergi ke Nusa Penida.

Diakui terdakwa masuk rumah sekitar pukul 05.00 wita di hari yang sama saat diamankan. Adapun yang diambil terdakwa beripa 4 pot obat kekebalan tubuh (imun) merk Triumeq yang disimpn di dalam almari di kamar tidur pelapor.

Pelapor yang tiba pada sore harinya, mendapati obat imun miliknya sudah tidak ada dalam kotak penyimpanan. Akibat kejadian itu, pria WNA ini melaporkan ke Polsek Kuta Utara.

“Terdakwa diamankan malam harinya pukul 22.00 di tempat tinggalnya berikut barang bukti obat yang diambil,” sebut Jaksa dari Kejari Badung.(pro)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment