Pilkades Serentak di Flotim, Dua Desa Di-pending

Kepala Dinas PMD Flores Timur Rufus Koda Teluma,S.Sos. Foto :BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2019, Senin 21 Oktober 2019  hanya  terlaksana pada  75 desa dari   77 desa penyelenggara Pilkades. Ada dua desa yang dihentikan tahapannya dan akan dilanjutkan pada Tahun 2021. Kedua desa tersebut adalah Desa Boru Kedang di Kecamatan Wulanggitang dan Desa Lewopao di Kecamatan Ile Boleng.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Flores Timur Rufus Koda Teluma, S.Sos yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin 21 Oktober 2019 membenarkan kenyataan tersebut. Penghentian tahapan Pilkades pada kedua desa itu karena bakal calon kepala desa yang memenuhi persyaratan kurang dari dua, atau hanya satu. Walau telah dilakukan penjaringan ulang, namun hingga batas waktu yang ditentukan (14 Oktober 2019 pukul 00.00 Wita ), tetap saja menghasilkan bakal calon yang memenuhi persyaratan tersebut, kurang dari dua.

“Karena kondisi itu maka Panitia Pilkades Tingkat Desa tidak bisa menetapkan calon kadesnya. Setelah mendapat laporan itu, kami lalu merekomendasikan untuk dilaksanakan penjaringan ulang. Namun hingga batas waktu yang ditentukan, yakni pada tanggal 14 Oktober 2019 pukul 00.00 Wita, tetap saja mendapatkan kenyataan bakal calon yang memenuhi persyaratan itu hanya satu atau kurang dari dua. Ada bakal calon yang mengundurkan diri sebelum penetapan. Pun pula, hingga batas waktu tersebut ada bakal calon yang memasukan berkas namun tidak lengkap. Oleh karena itu atas dasar laporan Panitia Pilkades Tingkat Desa dan Kecamatan, Bupati lalu mengeluarkan Surat menghentikan tahapan pelaksanaan Pilkades untuk kedua desa tersebut,” terang Rufus Koda Teluma.

Dengan demikian pada tahapan Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara sebagaimana dijadwalkan pada Senin 21 Oktober 2019 tersebut hanya terlaksana pada 75 desa yang tersebar pada 18 Kecamatan. Menurut Rufus Koda Teluma, berdasarkan hasil pemantauan timnya, pelaksanaan tahapan pemungutan suara dan perhitungan suara pada ke-75 desa tersebut berjalan aman dan tertib.*(Emnir).

Editor :Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment