Pasar Rakyat Waiwadan Dipoles Dengan Bentuk Prototype

Kondisi  dilokasi  pekerjaan revitalisasi Pasar Prototype Type D Pasar Rakyat Waiwadan. Foto: BNN/Emnir.

Adonara/BaliNewsNetwork-Setelah Pasar Waiwerang di Kecamatan Adonara Timur, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan RI kembali mengucurkan Dana Tugas Pembantuan  (TP) Tahun Anggaran 2019 untuk pembangunan (revitalisasi ) Prototype Type D Pasar Rakyat Waiwadan di  Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur-NTT.  Pada hari ini, Senin 7 Oktober 2019, proses pekerjaan pembangunan pasar Prototype Type D tersebut dimulai dilaksanakan yang diawali dengan pelaksanaan seremonial peletakan batu pertama.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Flores Timur, Sipri Ritan kepada BaliNewsNetwork.com menjelaskan, dari total nilai  dana TP Rp 4.000.000.000  yang didukung dengan APBD II TA 2019, pekerjaan pembangunan pasar rakyat Waiwadan tersebut bernilai kontrak Rp 3.722.850.000 sebagaimana  yang tertera dalam kontrak bernomor Perdagind. 05/TP/SP PSRWWD     /IX/2019 Tanggal 21 September 2019. Pekerjaan tersebut dikerjakan oleh PT Batu Besi.

“Selain untuk pekerjaan fisik, total anggaran TP tersebut diperuntukkan juga bagi Pengawasan  serta anggaran Administrasi dan Lainnya. Anggaran Pengawasannya sebagaimana kontrak bernomor : Perdagind. 06 /TP/ SP   /PASRWWD/AWS/IX/2091 Tanggal 21 September 2019 sebesar 100.000.000. Dan pekerjaan tersebut diawasi oleh  Pelaksana Pengawas CV Irsyadi Consultan. Sedangkan  anggaran Admnistrasi dan lainnya sebesar Rp 130.000.000.Waktu pelaksanaannya  90 hari kalender terhitung dari 21 September 2019 hingga 20 Desember 2019.”urai Sipri Ritan.

Sementara itu terkait perencanaannya, Sipri Ritan menerangkan, pada tahap awal   perencanaan  Pembangunan (Revitalisasi)  pasar Prototype Type D bagi semua kabupaten yang mendapat bantuan ini,dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan RI. Kepada semua kabupaten  yang mendapatkan bantuan dana TP  ini,Kementerian Perdagangan memberi kewenangan untuk  review Perencanaan yang disesuaikan dengan kondisi daerah namun tidak boleh merubah bentuk bangunan fisiknya. Dan untuk Pasar Rakyat Waiwadan,Review Perencanaan tersebut dikerjakan oleh CV Saba Consultan. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment