Dinas PKO Flotim Luncurkan Sapta Keluarga Lamaholot Peduli Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Flores Timur, Drs.Bernadus Beda Keda,M.A.P dan Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen Pendidikan PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI, Dr.Sukiman,M.Pd dalam kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga di Flores Timur,Kamis (12/09). Foto: BNN/doc/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Pemerintah Kabupaten Flores Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur telah melahirkan Sapta Keluarga Lamaholot Peduli Pendidikan, mendukung Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan.

Dr.Sukiman,M.Pd

Tentang Sapta Keluarga Lamaholot Peduli Pendidikan tersebut, Bupati Flores Timur, Anton Hadjon melalui Surat Edarannya bernomor BU.93/275/2019 tertanggal 12 September 2019  memberi dukungan penuh terhadap pelaksanaannya. Bahkan dalam kegiatan sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga yang dihadiri oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak  Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Dr.Sukiman, M.Pd pada Kamis, 12 September 2019 bertempat di gedung St.Caecilia- Sarotari Larantuka, baik Dr.Sukiman, Bupati Anton Hadjon, Kadis PKO , Bernadus Beda Keda, dan Bunda PAUD Flores Timur, Ny.Lusia Gege Hadjon secara tegas meminta kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan pada jenjang PAUD, SD , SMP, Pendidikan Non Formal (PNF), para pengawas, Penilik, dan pihak lain yang terkait dengan pendidikan keluarga untuk menyukseskan keterlibatan keluarga dan masyarakat pada penyelenggaraan pendidikan di Flores Timur.

Inilah Sapta Keluarga Lamaholot Peduli Pendidikan:

Orangtua wajib menjadwalkan jam belajar bagi anak sekolah yang ada di keluarga secara tetap. Orangtua wajib menjadwalkan jam makan bersama anak minimal satu kali dalam sehari. Orangtua wajib terlibat aktif dalam kegiatan Kelas Orangtua. Orang tua wajib terlibat aktif dalam Kelas Inspirasi di Satuan pendidikan. Orangtua wajib terlibat aktif dalam kegiatan pameran karya siswa dan pentas kelas . Orangtua secara bersama wajib memilih satu tokoh yang dianggap cakap dan peduli terhadap pendidikan anak yang bertugas mengatur,  dan mengawasi jam belajar anak di lingkungan masing-masing dan berkoordinasi dengan  pemerintah desa/kelurahan, dan Orangtua sebagai keluarga peduli, wajib membangun kerjasama pengembangan Sumber Daya Manusia Peserta Didik di Satuan Pendidikan.

Adapun tujuan dari pelaksanaan sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Flores Timur Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat sebagaimana yang dilantangkan Cyprianus G.Rendra Tukan,S.Pd dalam laporan kepanitiaan pada kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan dalam mendukung perkembangan anak serta mendorong peserta untuk aktif melaksanakan pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan. (Emni/adv)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment