Ritus Api Nyalakan Obor Festival Lamaholot Flores Timur                                                                                  

Bupati Flores Timur, Anton Hadjon, menyalahkan Obor Utama pertanda Festival Lamaholot Flores Timur Tahun 2019 secara resmi dibuka. Foto: BNN/Emnir.

Lewolema/BaliNewsNetwork-Pembukaan Festival Lamaholot Flores Timur Tahun 2019, secara resmi dibuka oleh Bupati Flores Timur, Anton Hadjon di Desa Bentala, Kecamatan Lewolema, Rabu ,11 September 2019. Prosesi  pembukaan Festival Lamaholot yang dimulai dengan Festival Nubun Tawa II tersebut ditandai dengan penyalaan Obor Utama Festival Lamaholot Flores Timur .Menariknya,nyala api yang tersulut pada sumbu obor festival Lamaholot itu berasal dari api alam yang dihasilkan dalam rituas Ritus Api.

proses membuat api alam

Sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com, ritus api tersebut dilaksanakan oleh ke-4 suku dalam persekutuan adat Lewolema yang berkepentingan untuk mendatangkan api alam tersebut. Ke-suku tersebut adalah Ama Hurint, Lango Aran, Ama Kelen dan Lewo Hoko. Dengan menggunakan dua belahan bambu yang digosok , kekuatan hati yang tercipta dalam ritual tersebut berhasil memunculkan asap yang perlahan-lahan mulai mengepul hingga mudah mengeluarkan lidah-lidah api. Nyala api yang timbul pada belahan bambu itu lalu disulutkan  pada anak obor dan diserahkan kepada Bupati Anton Hadjon untuk selanjutnya Bupati Anton menyalahkan Obor Utama

“Dengan penyalaan obor utama ini, saya membuka Festival Lamaholot Flores Timur dengan resmi.”ucap Bupati Anton dengan penuh semangat dan lantang. (Emnir/adv)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment