Festival Lamaholot Flores Timur Tanpa Air Kemasan

Bupati Flores Timur, Anton Hadjon, menandatangi Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Produk Berbahan Plastik di Flores Timur pada acara Pembukaan Festival Lamaholot Flores Timur 2019. Foto: BNN/Emnir.

Lewolema/BaliNewsNetwork-Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon,ST  secara tegas melarang kehadiran air kemasan selama pelaksanaan Festival Lamaholot Flores Timur Tahun 2019. Larangan tersebut bertujuan untuk mengurangi sampah terutama sampah  yang berasal dari bahan plastik !

Tidak saja berlaku pada kedua festival pembentuk Festival Lamaholot Flores Timur Tahun 2019 tersebut, namun komitmen Flores Timur tanpa air kemasan pun bahkan diwajibkan bagi seluruh masyarakat Flores Timur sebagaimana tersahkan dalam Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2019 yang ditandatangani Bupati Anton Hadjon di panggung Festival Nubun Tawa II,Desa Bantala,Kecamatan Lewolema, Rabu 11 September 2019.

Selain menikmati pertunjukan ragam budaya dan memetik nilai-nilai yang terkandung didalamnya, Bupati Anton Hadjon yang diapiti Sekertaris Daerah Kabupaten Flores Timur beserta seluruh pimpinan OPD dan pimpinan BUMN/BUMD, menyerukan gerakan mengurangi sampah plastik dengan tidak lagi menggunakan air kemasan.

“Saya sudah perintah  Ibu Kadis Pariwisata dan kebudayaan Flores Timur untuk tidak boleh menghadirkan air kemasan selama pelaksanaan Festival Lamaholot Flores Timur ini. Dan saya sengaja menandatangani Perbup tentang pengurangan penggunaan produk plastik di Flores Timur pada acara Pembukaan Festival Nubun Tawa tahun ini, untuk mengajak semua kita mulai mengurangi sampah di Flores Timur. Dan  saya minta Pak Sekda dan seluruh pimpinan OPD, mulai besok (hari ini,Kamis 12/9)  tidak boleh lagi menghadirkan air kemasan itu di kantornya. Demikian pula pada semua kegiatan Pemerintah, tidak boleh menggunakan air kemasan !” tegas Bupati Anton Hadjon sembari membubuhkan tandatangannya.

Sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com, Untuk melayani kebutuhan akan air minum, panitiatelah menyiapkan sejumlah wadah yang diletakan pada berbagai titik pada arean pelaksanaan festival tersebut. Selain tidak terlihat air kemasan di acara pembukaan Festival Nubun Tawa Tahun 2019 di desa Bantala, Kecamatan Lewolema tersebut,desain panggung utama Festival tersebut  pun  bebas dari bahan plastik. (Emnir/adv)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment