Penjualan Baju Bali Meningkat berkat Bantuan Aplikasi E-Commerce Buatan Dosen STIKOM Bali

Dr. Evi Triandini, M.Eng didamping Ida Bagus Suradarma, SE., M.Si dan Indiranto, S.Kom, M.Kom menyerahkan bantuan teknologi komputer kepada pemilik Dany Collection yang diterima Danial Hadi.

Denpasar/BaliNewsNetwork.Com-Prospek bisnis baju Bali memang sangat menjanjikan. Sebagai daerah pariwisata, wisatawan baik lokal maupun manca negara selalu mencari oleh-oleh khas Bali berupa baju Bali. Salah satu produsen baju Bali adalah  Dany Collection di Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Sebagai salah satu jeni usaha kecil dan menengah (UKM) selama ini Dany Collection dikelola layaknya home industry dan belum menerapkan manajemen modern, terutama dari sisi pemasaran dan administrasi keuangannya.

Bertolak dari pemikiran itulah maka tiga dosen Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM memilih Dany Collection sebagai mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tim pengabdian masyarakat ini terdiri dari Dr. Evi Triandini, M.Eng sebagai ketua tim dengan anggota Ida Bagus Suradarma, SE., M.Si, dan Indrianto, S.Kom., M.Kom.

Evi Triandini menjelaskan, kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan yang didanai oleh Kementerian Ristekdikti melalui Program Kemitraan Masyarakat Tahun Anggaran 2019. Besaran dana yang diberikan yaitu Rp 48.500.000.

Disebutkan, kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu memberikan pelatihan pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi Microsoft excel dan pembuatan media pemasaran online (e-commerce).

“Kami telah membantu mitra untuk membuatkan aplikasi sistem akuntansi, kemudian mengadakan pelatihan  pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi sistem akuntansi dengan excel, pembuatan media online untuk promosi produk, pelatihan penggunaan media online dan penyerahan peralatan produksi dan teknologi komputer,” terang Evi Triandini di ITB STIKOM Bali, Senin (09/09/2019).

Evi Triandini melanjutkan, kemanfaatan kegiatan pengabdian bagi UKM Dany Collection yaitu mitra mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang pengelolaan keuangan dan wawasan tentang promosi dan penjualan produknya menggunakan media online sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran.

Hal itu diakui juga oleh Pak Hilmi,. sang pemilik Dany Collection. Dia mengatakan, bisnisnya yang  bergerak dalam bidang pembuatan baju Bali dengan bahan rayon ini  sehari-hari dikelola oleh putranya, Danial Hadi. Sebelumnya produk baju Bali dipasarkan secara konvensional, yakni menunggu konsumen datang berbelanja di rumahnya sekaligus sebagai toko. Begitu juga pengelolaan transaksi keuangnnya dilakukan secara manual.

“Tetapi atas bantuan dosen ITB STIKOM Bali yang telah membuatkan aplikasi e-commerce dan pelatihan pemasaran secara online, ternyata banyak juga yang order secara online. Kami juga sangat terbantu dengan aplikasi sistem akuntansi sehingga semua transaksi dapat terkontrol,” kata Danial Hadi, mewakili sang ayah. (rsn)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment