Menuju Pelantikan DPRD Flotim, Kursi Wakil Ketua Sementara Belum Disepakati

Sekertaris DPRD Kabupaten Flores Timur, Petrus Pemang Liku, S.Sos., MT. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Tinggal 14 hari lagi (terhitung hari ini, Senin 26 Agustus 2019), ke-30 anggota DPRD Flores Timur hasil pemilihan umum pada 17 April 2019, dikukuhkan dalam Sidang Paripurna DPRD Flores Timur. Persiapan menuju acara pengambilan sumpah yang dijadwalkan pada 9 September 2019 kian rampung atas  kerja keras panitia pelaksana bentukkan Pemkab Flotim. Pemberesan beberapa urusan admnistrasi pun kian rampung, termasuk bangunan koordinasi bersama pimpinan parpol yang berhak menempati kursi Pimpinan Sementara DPRD Flotim.

Sekertaris DPRD Flotim, Petrus Pemang Liku, S.Sos, MT yang dikonfirmasi BaliNewsNetwork.com di ruang kerjannya, Senin, 26 Agustus 2019 mengungkapkan, pihaknya  dalam waktu dekat ini akan segera menyurati Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Flores Timur untuk memasukan nama Ketua DPRD Sementara. Sedangkan untuk jabatan Wakil Ketua Sementara, pihaknya pun segera memfasilitasi pertemuan  bersama ke-5 pimpinan parpol  yang memiliki jumlah kursi yang sama untuk menyepakati siapakah yang akan menempati kursi Wakil Ketua Sementara tersebut.

“Kalau untuk jabatan Ketua DPRD, baik Ketua Sementara maupun Ketua Definitif nantinya sudah jelas! Menjadi hak PDI Perjuangan. Besok atau lusa, kami akan menyurati Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Flores Timur memintakan Keputusan DPC PDI Perjuangan Flotim terkait hal itu. Siapakah yang ditetapkan untuk menempati kursi Ketua Sementara itu. Sedangkan soal posisi Wakil Ketua Sementara, kami dalam waktu dekat ini pula akan menfasilitasi pertemuan bersama ke-5 parpol yang memperoleh jumlah kursi yang sama untuk mendapatkan kesepakatan siapakah dan dari partai mana yang akan ditempatkan pada posisi Wakil Ketua Sementara tersebut,” ungkap Piet Pemang Liku.

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Flores Timur dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan anggota DPRD Flores Terpilih pada  Pemilu Tahun 2019 silam, yang berlangsung di Gedung Multi Event St.Caecilia, Kelurahan Sarotari, Larantuka, 10 Agustus 2019, menetapkan PDI Perjuangan menempati peringkat pertama  atas prestasi 7 kursi. Ada lima parpol yang memperoleh  4 kursi. Kelima parpol tersebut adalah  Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Golongan Karya, Partai Nasional Demokrat,  dan Partai Amanat Nasional.

Dari fakta politik tersebut maka  PDI Perjuangan akan menempati kursi Ketua DPRD Flotim periode 2019-2024. Untuk jabatan Wakil Ketua I akan ditempati PKB dan Wakil Ketua II oleh Partai Gerindra. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment