Perdana, Rute Kupang-Lewoleba-Larantuka, Agil Pratama Bebaskan Biaya Muatan Jenazah

Pelayaran perdana Kapal Motor Cepat Agil Pratama 04 menyinggahi pelabuhan Larantuka, Sabtu (24/08). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNesNetwork-Kabar gembira bagi masyarakat Flores Timur dan Lembata. Telah hadir dan akan melayani masyarakat di kedua kabupaten tersebut sebuah kapal penyeberangan laut  dengan rute Kupang-Lewoleba-Larantuka-PP setiap  hari Minggu dan Kamis. Kapal tersebut bernama Agil Pratama 04. Pihak pengelolah kapal tersebut membebaskan biaya bagi muatan jenazah. Kapal yang dikelolah PT Sinar Samudera Selatan itu berkecepatan 12 knot dengan kecepatan tempuh Kupang-Larantuka 12 jam.

Kapal tersebut untuk pertama kalinya sandar di pelabuhan Larantuka pada Sabtu 24 Agustus 2019 sekitar pukul  11.30 Wita. Pemkab Flotim bersama pihak Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Larantuka menerima seluruh crew Agil Pratama 04 dengan penuh gembira.

“Pemerintah Kabupaten Flores Timur bersama masyarakat Flotim menerima kedatangan kalian dengan penuh gembira. Selamat datang di Flores Timur. Kehadiran dan pelayanan kalian menjadi   alternatif jawaban sarana transportasi di daerah ini. Memang di sini ada juga pelayanan kapal Pelni, namun dua minggu sekali. Kehadiran Agil Pratama 04 ini bisa menjadi altrenatif  bagi Pememerintah Daerah dan  warga Flotim dan sekitarnya yang berkeperluan di ibu kota provinsi NTT,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Flotim, Anton Lebi Raya (mewakili Bupati Flotim) dan Kepala UPP Kelas II Larantuka, Simon B.Baon dalam seremonial penerimaan crew Agil Pratama 04 di pelayaran perdananya itu.

Kapal Agil Pratama 04 pada setiap waktu pelayarannya (Minggu dan Kamis) akan bertolak dari pelabuhan Tenau–Kupang menuju Lewoleba dan Larantuka pada pukul 20.00 Wita. Sedangkan dari Pelabuhan Larantuka menuju Lewoleba-Kupang, kapal yang dinahkodai oleh Safrudin tersebut akan bertolak pada pukul 19.00 Wita.

Lantas bagaimana dengan tarifnya? Untuk tiket orang dewasa terpatok Rp 200.000/penumpang. Rp 100.000 bagi anak  berusia 5 hingga 11 tahun, dan Rp 30.000 bagi  penumpang berusia bayi hingga 4 tahun. Untuk kelancaran informasi pelayanan kapal tersebut, silahkan mendatangi Cabang PT Sinar Samudera Selatan-Flores Timur di area San Dominggo, Larantuka. (Emnir)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment