Wabup Flotim Agus Boli: Desa Sudah Saatnya Go Technology

Wabup Flotim  Agustinus Payong Boli, SH menyaksikan peragaan sistem informasis desa (SDI) Sinamalaka, Selasa (20/08/2019). Foto: BNN/IST

Larantuka/BaliNewsNetwork.Com-Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, SH ketika meresmikan Sistim Informasi Desa (SID) di aula Desa Sinamalaka, Selasa (20/08/2019) mengatakan, desa sudah saatnya go technology. Wabub Agus Boli juga mengapresiasi langkah yang diambil Kepala Desa Sinamalaka Bernadus Pati dalam menghadirkan Sistem Informasi Desa berbasis teknologi, dan berharap agar yang dilakukan di Desa Sinamalaka dapat menjadi contoh bagi desa lain.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis Kominfo Ir. Elisabeth Kendari Halan, Sekertaris PMD Ignasius Eroama, S.Sos, Camat Tanjung Bunga Laurensius Nurat Hewen, Kades Sinamalaka Bernadus Pati dan para Kepala Desa, pendamping PDDT/Opendesa Indonesia Andre Labuan dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan ini, Wabup Agus Boli menghimbau Kadis Kominfo agar membantu mendaftarkan setiap desa ke domain desa.go.id.

“Tugas pemerintah adalah mendaftarkan desa-desa di Flores Timur. Sistem informasi desa baik berbasis online ataupin offline adalah miniatur dari seluruh penyelenggaraan pemerintahan di desa,” kata Wabup Flotim Agus Boli.

Menurut Wabup Agus Boli, dalam Undang-Undang nomor 06 tahun 2014 mengisyarakatkan azas keterbukaan informasi, masyarakat berhak tahu mengenai rencana, penyelenggaraan, dan hasil penyelenggaraan pemerintahan di desa. Karena itu apa yang dilakukan Desa Sinamalaka dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Flores Timur. Orang-orang desa yang berada di luar pun berhak tahu tentang perkembangan di desanya, mereka yang berada di luar juga berhak untuk memberikan masukan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa.

Melalui Sistem Informasi Desa, akan mudah bagi desa dalam promosi atau menunjukkan potensi ekonomi, sehingga dapat menarik investor bagi lahan tidur, potensi pariwisata, pemasaran produk-produk desa yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di desa. Karena itu kehadiran SID murni dibutuhkan. Wabub Agus Boli juga menghimbau agar ke depan Pemerintah Desa, harus membuka jaringan Wifi gratis kepada masyarakat dan membeli alat penguat sinyal agar SID dapat berjalan dengan baik.

“Sistem informasi desa harus berkelanjutan,” tegasnya.

Kades Sinamalaka Bernadus Pati dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari SID adalah pelayanan kepada masyarakat dan pempromosikan apa yang ada pada masyarakat Desa Sinamalaka yang kaya akan hasil alam dan hendak menarik investor bagi lahan tidur yang dirasanya cukup banyak..

“Kita punya potensi laut seperti ikan, hutan bakau yang luas, tambak ikan bandeng, mente dan lahan tidur yang cukup banyak, sehingga melalui SID dapat membantu dalam pemasaran dan mendatangkan investor. SID atau sistem informasi desa untuk Desa Sinamalaka merupakan kewajiban dan pengabdian terakhirrnya saya sebagai Kepala Desa yang sebentar lagi akan berakhir,” ujarnya.

Sementara itu pendamping PDDT/opendesa Indonesia Andre Labuan mengatakan Sinamalaka merupakan salah satu pengguna SID berbasis online. Pihaknya berharap ke depan akan ada lebih banyak desa yang menggunakan Sistem Informasi Desa demi penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang baik. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment