2019, Ruas Jalan Lingkar Ile Mandiri Beres , Di Solor : 293,85 Km Jalan Rusak Berat

Salah satu titik kerusakan pada ruas jalan Propinsi di wilayah Kecamatan Solor Barat. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Pemerintah Kabupaten Flores Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah memasang target di setiap Tahun Anggaran, membangun jalan sepanjang  40 kilometer tanpa melihat status jalan. Hingga Tahun 2022, telah ditargetkan sepanjang 200 kilometer jalan di Flotim terselesaikan ! Berkat untuk warga di wilayah Ile Mandiri . Pada Tahun 2019 ini , ruas jalan yang melingkari Ile Mandiri pun selesai terhotmix !

Sekertaris Dinas PUPR Flotim,Vianey Tukan

Berjalan menuju capaian target tersebut, Plt.Kepala Dinas PUPR Flotim, Dominikus Demon yang dikonfirmasi melalui Sekertaris Dinas PUPR, Yohanes Maria Vianey Tukan di ruang kerjannya, Senin 6 Agustus 2019 menjelaskan, pada Tahun 2018, pihaknya telah menangani pekerjaan jalan sepanjang 66 Km. Sedangkan di Tahun Anggaran 2019, instansinya menangani 17 paket pekerjaan jalan, 4 di antaranya adalah paket DAK yang terpangkukan sebesar  RP 17 .000.000.000

“Restra kami demikian, setiap tahun kami membangun 40 kilo meter jalan mengikuti target capaian 200 Km yang  harus terbangun di masa kepemimpinan ini , tanpa melihat status jalan. Dari total 718 Km jalan kita, ada 275,36 Km  jalan  kita dalam kondisi baik. Pada Tahun 2018 , kami telah membangun 66 kilo meter. Artinya ada penambahan jumlah jalan kita pada  kategori jalan berkondisi baik itu . Ada 25,98 Km  jalan kita dalam kondisi Sedang . Kondisi jalan yang Rusak Ringan ada 122 Km dan Rusak Berat 293 Km . Kondisi tersebut tersebar di ketiga pulau di Flotim ini. Di Tahun 2019 kami menangani 17 paket jalan, 4 diantaranya adalah paket DAK. Semuanya telah berkontrak, tinggal satu paket yang mungkin besok (hari ini ) atau lusa akan dilaksanakan penandatangan kontraknnya.Sementara paket DAK,sedang dilaksanakan review oleh pihak Irda ”urai Vianey Tukan.

Vianey Tukan optimis,dari ke-17 paket  (APBD Murni) pekerjaan jalan yang bakal ditambah dengan penambahan yang terjadi dalam ruang Perubahan APBD TA 2019 ini,target 40 Km tersebut dapat tercapai.

Lingkar Ile Mandiri Selesai di 2019

Dari kondisi jalan yang tersebar di tiga pulau Flores Timur, ruas jalan lingkar wilayah Ile Mandiri dipastikan Vianey Tukan akan selesai di Tahun 2019 ini. Kerusakan ruas jalan pada simpang Delang-Lewohala, akan ditangani  pihak PUPR Flotim di Tahun 2019 ini.Hotmix !

“Kalau sudah selesai maka untuk lingkar Ile Mandiri, aman ! Tinggal membangun bangunan pendukung atau perapihannya. Jadi kami fokus pada target capaian sebagaimana renstra kami .”ungkap Vianey sembari mengakui walau masih banyak kondisi jalan yang rusak baik rusak ringan maupun rusak berat itu bahkan masih banyak jalan bertanah yang belum dijamah pihaknya.

Sebaran Jalan Rusak

Terkait penyebaran kondisi jalan yang rusak baik kategori Rusak Ringan dan Rusak Berat,Vianey Tukan dengan merujuk pada Data Dasar Kondisi Jalan (DD1) yang terverifikasi oleh Kementerian PUPR merincikan di Daratan Flores, jalan berkategori Rusak Ringan berjumlah 45,70 Km. Jalan dengan kondisi Rusak Berat berjumlah 132 Km. Sedangkan jalan tanah yang belum tembus masih 34,15 Km.

Di Daratan Adonara, kondisi jalan Rusak Ringan sebanyak 60,14 Km. Sedangkan Rusak Berat berjumlah 119,33 Km. Dan jalan Tanah yang belum tembus sebanyak 97,10 Km. Sementara itu di Daratan Solor terdapat 122,99 jalan berkondisi Rusak Ringan. Sedangkan jalan dalam kondisi Rusak Berat berjumlah 293,85 Km. Dan kondisi jalan tanah yang belum tembus berjumlah 97,10 Km.

“Dari sebaran tersebut, kami di setiap tahun anggaran menargetkan menangani atau membangun 40 kilometer jalan yang tersebar di ketiga daratan itu. Kita bersyukur data tentang jalan kita masuk dalam sistem aplikasi Kementrian PUPR, sehingga senantiasa termonitor dan mendapat suport anggaran dari pusat. Kinerja jalan kita bergerak positi ! Ada kemajuan . Kita optimis target besar 200 kilometer jalan terbangun hingga Tahun 2022.”ujar Vianey Tukan bersemangat. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment