Anton Hadjon: Bursa Inovasi Desa Penting Untuk Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

Bupati Anton Hadjon berbincang-bincang dengan Ola Nama, pandai besi asal Desa Redontena dengan karyanya alat musik tradisional gong. Foto: BNN/ITS

Larantuka/BaliNewsNetwork.Com-Bursa Inovasi Desa sangat penting karena merupakan ajang untuk saling sharing pengelaman dan memperkuat dalam banyak hal untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Demikian disampaikan oleh Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon, ST, ketika membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa Tingkat Kecamatan Keluba Golit, bertempat di aula Kantor Camat Keluba Golit, Selasa, 30 /07 /2019.

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Pemebrdayaan Masyarakat Desa Igatius Ero Ama, Camat Kelubagolit Lambertus Ulin Tokan, SE, Danramil 02 Adonara Ignasius H.S, para kepala gesa, Kepala UPTD Puskesmas Lambunga, BPD se-Kecamatan Keluba Golit dan undangan lainnya

“Dengan sharing pengalaman, bercerita dan membicarakan suatu pekerjaan, maka kita bisa membagi pengalaman, baik itu pengalaman tentang kekurangan maupun kelebihan untuk memperkuat inovasi itu sendiri. Dengan adanya bursa, maka kita juga boleh membuat inovasi baru yang tumbuh dan bisa dilaksanakan di setiap desa dengan tujuan pasaran yang jelas,” ujar Bupati Anton Hadjon.

Menurut Bupati Anton Hadjon, banyak hal yang bisa dijadikan Inovasi terutama dalam setiap pekerjaan. Karenanya dibutuhkan sinergitas antara semua pemangku kepentingan untuk saling sharing baik dengan Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, karena pembangunan manusia dan pembangunan wilayah tidak bisa dilaksanakan sendiri-sendiri.

Bupati Anton Hadjon yakin para pendamping desa dan panitia sudah menggambarkan seperti apa program-program inovasi desa yang akan dikembangkan oleh masyarakat. Menurutnya ada tiga kelompok yakni pemberdayaan, kewirausahaan dan Infrastruktur. Dan ke depan program pemberdayaan dan wirausaha akan diperbesar dalam pengelolaan dana desa.

“Kita yang punya jabatan jaga baik-baik, urus dana desa dengan baik, sebagai manusia pasti ada kekurangan, mari kita benahi kekurangan kita dan memperkuat kelebihan kita. Para pendamping desa ingat baik-baik dampingi para kepala desa dengan baik supaya kami semua yang memiliki kewenangan untuk urus uang negara ini tidak salah mengunakan uang,” tegas Bupati Anton Hadjon.

Ketua panitia, Rafael Kelake dalam laporannya mengatakan program inovasi Desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawacita dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional, dengan tujuan meningkatkan kapasitas dalam mengembangkan perencanaan pelaksanaan pembangunan desa dari dana desa secara berkualitas. Secara umum kegiatan pengetahuan inovasi desa yaitu kegiatan pendokumentasian, penyebarluasan dan pertukaran praktek pembangunan pemberdayaan masyarakat yang inovatif dengan tujuan memberikan inspirasi kepada desa untuk memperbaiki kualitas perencanaan pembangunan desa.

Panitia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur, pendamping desa, maupun pendamping lokal dan kepada sponsor kegiatan PT Amurin yang telah menyediakan lampu jalan tenaga surya. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment