Wabup Agus Boli Ajak Warga Neleblolong Tingkatkan Pendapatan dengan Beternak

Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, SH foto bersama Kepala Desa Neleblolong Thresia Tuto Pati (kanan) . Foto: BNN/IST

Adonara/BaliNewsNetwork.Com-Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, SH mengajak masyarakat Neleblolong meningkatkan pendapatannya dengan beternak. Ajakan Wabup Agus Boli itu disampaikan saat menyampaikan materi pada seminar sehari yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Ile Boleng (HIPMI) Kupang di Desa Neleblolong, Kecamatan Ile Boleng, Sabtu 27 Juli 2019. Seminar yang mengambil tema Balik Pune Lewo Serba Balik Ma’a Glekat, dihadiri para Kepala Desa, Ketua BPD, tokoh masyarakat, Karang Taruna, serta masyarakat Desa Neleblolong.

Wabup Agus Boli mengajak masyarakat Desa Neleblolong dan desa-desa di sekitarnya untuk meningkatkan ekonomi atau pendapatannya dengan beternak babi dan puyuh. Menurutnya, dengan beternak dapat menghasilkan uang miliaran rupiah bila ternak dipelihara dalam jumlah yang besar, yang dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Ia menyadari hal yang paling berat adalah pakan ternak, karena itu diingatkan untuk memanfaatkan lahan atau kebun yang dimiliki untuk menanam ubi dan jagung.

Demikian juga sebelum beternak, disarankan terlebih dahulu disiapkan kandang ternak yang baik serta tempat penampung kotoran demi menjaga kesehatan ternak itu sendiri, pemilik dan masyarakat di sekitarnya. Disamping itu kotoran hewan tersebut dapat dijadikan pupuk untuk tanaman di sekitarnya.

“Bila beternak dalam jumlah yang besar tidak dapat dilaksanakan karena terkendala modal usaha, sebaiknya mulai dengan 3 hingga 5 ekor terlebih dahulu,” ujarnya menyarankan.

Terkait modal usaha Wabup Agus Boli menyarankan agar dapat memanfaatkan KUR melalui bank yang ada. Karena pemerintah telah bekerja sama dengan bank dalam penyiapan sejumlah dana untuk bantuan modal bagi pengusaha kecil dan menengah. Untuk mencapai keberhasilan tentu dibutuhkan ketekunan dalam pemeliharaannya.

“Susah bukan keturunan atau kutukan, kita bisa lawan dengan kerja keras. Kita harap gaji tidak cukup, karena itu perlu ada usaha tambahan,” ujar Wabup Agus Boli.

Wabup Agus Boli menyarankan agar dana desa dimanfaatkan secara baik untuk membantu masyarakat. Untuk Infrastruktur jalan dan gedung pembangunannya bisa dicicil. Namun untuk kebutuhan air minum bersih menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah.
Pemerintah telah mengaanggarkam Rp 10 miliar untuk membangun jaringan air minum bersih dari Kecamatan Adonara Tengah. Kendala yang dihadapi karena belum ada kesepakatan secara baik antara sesama masyarakat pemilik lahan di lokasi mata air dengan masyarakat Ile Boleng.

Untuk mengatasi kebutuhan air, maka cara lain, kata Wabup Agus Boli adalah dengan pengadaan sumur bor terutama pada desa-desa di daerah pesisir. Karena itu Ia optimis melalui dana desa, permasalahan air minum bersih akan dapat diatasi. Ditunjang dengan program Pamsimas sangat membantu masyarakat desa setempat. Ia berharap para Kepala Desa yang belum mendapat program Pamsimas dapat menangkap peluang yang baik ini dengan megajukan proposal ke kantor ke instansi terkait. Tahun ini menurutnya sebanyak 20 desa di Kabupaten Flores Timur telah mendapat Program Pamsimas.

Dalam acara dialog, Kades Nelelamadike, Thresia Tuto Pati, kepada Wabup Agus Boli mengungkapan niatnya bersama BPD akan memberdayakan masyarakat dengan bantuan ternak babi kepada setiap kepala keluarga di desa itu. Ia berencana akan mendatangkan 750 ekor babi dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 150 juta. Bibit babi itu akan dibagikan kepada 355 kepala keluarga. Menanggapi rencana Kades Tuto; Wabup Agus Boli menyarankan agar membeli babi yang sehat.

“Sudah keluar uang dalam jumlah yang besar, maka harus beli babi yang sehat. Jika tidak memiliki babi jantan, Ia menyarankan membeli babi minimal 3 ekor babi betina dan untuk proses pembuntingan dilakukan dengan cara menyuntik sperma babi yang dibeli di Kupang, karenanya para Kepala Desa perlu menyiapkan dana untuk itu,” saran Wabup Agus Boli. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment