Pelaku Rampok Money Changer Sempat Pura-pura Sebagai Petugas PLN

Waka Polresta Denpasar AKBP Benny Pramono saat menggelar jumpa pers. Foto: BNM/ist.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Dari kasus upaya perampokan di money changer milik PT Semangat Anak Rantau di Jalan Pulau Tarakan nomor 31, Denpasar Barat, selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan pisau yang digunakan beraksi.

Waka Polresta Denpasar AKBP Benny Pramono menerangkan, pelaku bernama Gigih Andita (30) ditangkap tidak jauh dari TKP.

Dikatakan, sebelum beraksi, sehari sebelumnya pria asal Jakarta ini sempat datang ke TKP untuk menukar uang dollar. Esok harinya, Minggu (21/7/2019) sekitar pukul 16.00 WITA, pelaku kembali datang dengan berpura-pura menjadi petugas PLN yang akan memeriksa kilometer listrik.

“Pelaku datang untuk menukar uang dollar hanya modus. Di sana dia memantau situasi di dalam money changer,” kata Waka Polresta.

Pelaku upaya perampokan, Gigih Andita. Foto:BNN/ist

Usai berpura-pura mengecek kilometer listrik, pelaku mengajak ngobrol karyawan setempat bernama Lalu Mohamamad Buhari (25). Namun tak berselang lama pelaku mengambil pisau yang disimpan di dalam tasnya.

Sembari menodongkan pisau, pelaku meminta agar karyawan tersebut menunjukan tempat penyimpanan uang. Karena si karyawan tetap menolak, pelaku mengacam akan membunuh.

“Karyawan money changer terus melakukan perlawanan sehingga terjadi perkelahian. Pelaku kemudian menusuk punggung karyawan sebanyak tiga kali,” jelas AKBP Benny.

Kepada polisi pelaku yang mengaku baru dua minggu tiba di Bali ini mengatakan, ia nekat melakukan aksinya karena terdesak kebutuhan ekonomi. Atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (pro)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment