Olahraga Arena Asah Bakat – Agus Ruing Buka Turnamen Futsal Permesa Cup

Staf Ahli Bupati Flotim, Agustinus Ola Sabon, S.Sos., M.AP membuka turnament futsal Permesa Larantuka, Senin (22/07/2019). Foto: BNN/IST

Larantuka/BaliNewsNetwork-Olahraga merupakan arena pengasahan bakat kaum muda. Demikian disampaikan oleh Bupati Flores Timur Anton H.Gege Hadjon, ST dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Flores Timur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Agustinus Ola Sabon, S.Sos., M.AP ketika membuka turnamen futsal Permesa Larantuka Cup II bertempat dilapangan futsal trivilla Weri Larantuka, Senin (22/07/2019).

Hadir pada kesempatan itu, Camat Larantuka yang juga ketua Asosiasi Futsal Kabupaten Flores Timur Yosep Tua Dollu, SP., Lurah Weri Kalitus Samon Lein, Babinsa Larantuka, Ketua umum Badan Pengurus Persatuan Mahasiswa Pelajar se-Kota Larantuka periode 2019 / 2020 Hendrikus Koten, Ketua Panitia Paulus Sogo Marang, para wasit, maneger, official, para pemaian dan supporter dan undangan lainnya.

Menurut Bupati Anton, selain ajang pengasahan bakat, olah raga juga menjadi ajang penyaluran kreativitas sekaligus menggarahkan semangat jiwa muda untuk bangkit berolahraga. Di lain pihak menurut Bupati Anton Olahraga juga mempunyai sifat mepersatukan, karena dalam berolahraga kita kembali ke fitrah, kita semula, meninggalkan kemampuan profesi dan mengandalkan kemampuan kita sebagai manusia, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

“Seorang olahragawan dituntut untuk menang secara jantan dan kalah secara teruji. Seorang olahragawan juga disebut sebagai seorang pahlawan yang mengarumkan nama timnya. Dalam suatu pertandingan tidak hanya ditentukan oleh suatu kemampuan, namun ditentukan oleh nasib dan keberuntungan, sebab tak ada yang bisa memastikan, apabila dihadapkan pada kemampuan dan peluang yang sama. Itulah menariknya suatu olahraga,” ujar Bupati Anton.

Bupati Anton juga berharap agar semua menjujung tinggi sportifitas selama turnamen ini berlangsung. Bupati Anton juga mengajak para pemain, ofisial dan wasit dan semua masyarakat bergandengan tangan, bahu membahu bukan hanya dibidang olahraga tetapi dari semua aspek pembangunan, agar Flores Timur Sejahtera dalam bingkai desa membangun kota menata, yang kita cita-citakan bukan hanya menjadi selogan tanpa makna tetapi sebaliknya mampu kita raih. Kita juga jadikan olahraga ini sebagai momentum pembinaan mentalitas generasi muda dan memberikan kotribusi yang positif terhadap generasi muda di lewotana ini, pinta Bupati Anton.

“Kehadiran kami hari ini, merupakan bentuk dukungan pemerintah karena kami berkeyakinan bahwa keberhasilan pembangunan daerah ke depan menjadi tanggungjawab generasi masa kini. Saya atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih dan pengharagaan kepada, pengurus Persatuan Mahasiswa Pelajar se-Kota Larantuka, ketua panitia dan seluruh jajaran atas konsistensi dan kesinambungan melaksanakan perhelatan tunamen ini. Dan tahun ini merupakan tahun kedua perhelatan Futsal Permesa Larantuka II Cup, yang melibatkan klub-klub di kota Larantuka dan Kabupaten Lembata. Tak gampang menyelengarakan sebuah turnamen ini, apalagi adik-adik yang masih mahasiswa. Jika bukan karena hobi dan kemauan yang kuat maka turnamen ini akan merasa menjadi beban dan sesuatu yang sulit untuk dilaksanakan. Untuk itu sekali lagi apresiasi yang tinggi Pemerintah Daerah  kepada semua pihak yang terlibat sejak persiapan hingga acara pembukaan hari ini, sampai penutupan turnamen nantinya,” kata Agus Ruing-panggilannya.

Ketua Panitia Permesa Cup II Larantuka Paulus Sago Marang dalam laporannya mengatakan thema turnamen futsal Persemsa Cup II Larantuka adalah membangun jiwa pemenang sejati dengan menjujung tinggi kekeluargaan dan sportifitas. Kegiatan ini  berlangsung dari 22 Juli s/d. 2 Agustus 2019 bertempat di lapangan futsal Trivilla Weri Larantuka. Peserta kegiatan terdiri dari 53 tim dengan 48 tim putra dan 5 tim putri.

Ketua Umum Badan Pengurus Perhimpunan Mahasiswa Pelajar se-Kota Larantuka periode 2019/2020 Hendrikus Koten dalam sambutan mengatakan, sudah lama Permesa Cup II Larantuka ini tidak diselenggarakan sejak 2015 dan hari ini  Badan Pengurus bersepakat untuk melaksanakan Permesa Cup II.

“Harapan kami bagi tim-tim yang datang mengikuti turnamen ini, sesuai dengan tema Untuk Membangun Sportivitas dalam Kekeluargaan. Kalah dan menang soal biasa, hanya satu hal tidak bisa digantikan, yakni kekeluargaan. Terima kasih juga untuk para pihak yang sudah ringan tangan dalam mendukung dan menyukseskan acara ini, kepada  bapak bupati Flotim, bapak Camat larantuka juga sponsor JNE cabang Larantuka dan seluruh peserta 53 tim yang sudah berpartisipasi dalam acara ini. Dan untuk teman panitia jalankan tugas dengan sebaik-baiknya, tetap semangat dan Angka Ati Mari Bekumpo, Bale Serewi Nagi Tana,” kata Paulus Sago Marang.

Camat Larantuka Yosep Tua Dolu, SP, yang juga ketua Asosiasi Futsal Kabupaten Flores Timur dalam sambutannya mengatakan  berterima kasih kepada Permesa Larantuka mengambil bagian memperkenalkan turnamen futsal untuk kalangan Lamaholot Flores Timur untuk boleh berpartisipasi dalam turnamen ini.

“Selaku ketua Asosiasi Futsal kabupaten Flores Timur kami sangat memberi dukungan terhadap pihak mana pun yang menyelenggarakan turnamen futsal karena sebagaimana yang disampaikan oleh ketua Asosiasi Futsal Cup provinsi NTT menyampaikan kepada Polda tembusan kepada semua Kapolres kabupaten kota setiap turnamen Futsal di daerah harus mendapatkan rekomendasi dari Asosiasi Futsal Kabupaten setempat,” kata Yosep Tua Dolu.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan futsal antara tim futsal Turangga sebagai juara bertahan pada turnamen Permesa I Cup Larantuka dan Palo Beath didahuli dengan tendangan bola perdana oleh Agus Ruing, staf ahli bupati  yang mewakili Bupati Flores Timur. (adv)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment