WABUP AGUS BOLI RESMIKAN SMP SATAP LAMAWOLO

Wabup Agus Boli meresmikan SMP Satu Atap Lamawolo yang terletak di Desa Watobaya, Kecamatan Adonara Barat. Foto: BNN/IST.

Adonara/BaliNewsNetwork.Com-Setelah empat tahun SMPN Satu Atap (Satu) Nelelamadike, Kecamatan Ile Boleng dinegrikan oleh Pemerintah Kabupaten Flores Timur, tahun ini bertambah satu lagi SMP Satu Atap menyandang status yang sama. SMP Satu Atap dimaksud adalah SMP Satu Atap Lamawolo yang terletak di Dusun Lamawolo, Desa Watobaya, Kecamatan Adonara Barat.

Usulan penegrian sekolah ini dilakukan bersama SMP Satap lain di Flores Timur, namun hanya SMP Satu Atap Lamawolo disetujui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. Sementara lainnya akan tetap diupayakan pemerintah untuk mendapatkan status yang sama.

Peresmian itu ditandai dengan penandatangan prasasti, pembukaan selubung papan nama sekolah dan pembukaan pintu ruang kelas oleh Wakil Bupati Flores Timur, di dusun Lamawolo Desa Watobaya, Kamis, 18 Juli 2019,

Wabup Agus Boli

Wabup Agus Boli dalam sambutan mengatakan, mendirikan sekolah baru tidak sama dengan membangun infrastruktur jalan dan jembatan yang anggaranya langsung ditangani Pemerintah Darah. Mendirikan sekolah menurutnya membutuhkan waktu dan proses administrasi yang lama hingga di tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta untuk mendapat Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN). Hal ini dapat dilakukan setelah semua proses kelengkapan administrasi dan fisik gedung sekolah rampung dikerjakan.

Anggaran yang diambil dari dana block grant ini, merupakan dana APBN yang langsung diberikan kepada Pemerintah Daerah dan lokasi pembangunannya sendiri diprioritaskan untuk daerah yang masih memiliki Angka Partisipasi Kasar (APK) rendah.

“Kita mendirikan sekolah itu berarti kita sedang berupaya meningkatkan sumber daya manusia, karena seluruh pembangunan itu maju atau tidak sangat ditentukan oleh kualitas SDM. Karena itu tugas ibu – bapa sekalian di Watobaya menjaga sekolah ini secara baik,” kata Wabup Agus Boli.

Pemerintah Kabupaten Flores bertekad untuk terus mempercepat pelayanan di bidang pendidikan. Hal ini mengingat letak geografis Desa Watobaya berbukit dan gunung menyebabkan sulitnya peserta didik mengakses pendikan di tingkat SMP di daerah itu, terutama di Waiwadan, Ibu Kota Kecamatan Adonara Barat. Karena itu untuk mendekatkan pelayanan, salah satunya dengan cara mendirikan sekolah baru yakni SMPN Satu Atap Lamawolo, di Desa Watobaya, sebagai alternatifnya.

SMPN Satap Lamawolo, Desa Watobaya, Kecamatan Adonara Barat adalah satu di antara SMP Satu Atap yang berada di Kabupaten Flores Timur, pada RKB Anggaran 2018 lalu mendapatkan bantuan dana block grant pembangunan gedung/ruang kelas sebanyak empat lokal dan saat ini pembangunan tersebut telah terealisasikan dengan baik.

Kepala Desa Watobaya, Yohanes Tupen Notan dalam laporannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur yang telah mendirikan sekolah baru tersebut.
“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati dan Pak Kadis PKO yang telah mendirikan SMPN Satap di Desa Watobaya untuk membantu anak-anak kami di sini, ungkap Kades Watobaya Tupen Notan. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment