Pokmaswas se-Flores Timur ‘Akrabi’ Penyu  di Solor

Sejumlah Pokmaswas di Flotim mengikuti kegiatan Penguatan Kapasitas Pokmaswas yang diselenggarakan Yayasan Misoof Baseftin di Kelurahan Ritaebang, Solor Barat-Flores Timur, NTT, Kamis (18/7). Foto: BNN/Emnir.

Solor/BaliNewsNetwork-Untuk mendalami pengetahuan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) se-Flores Timur tentang kehidupan  Penyu dan ruang pelestariannya, Yayasan Misool Baseftin pada Hari Kamis 18 Juli 2019 menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pokmaswas Kabupaten Flores Timur secara terpusat di Kelurahan Ritaebang, Solor Barat-Flores Timur-NTT.

Usai seremonial pembukaan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Flores Timur, Ir.Erna Dasilva, staf Edukasi dan Outreach Yayasan Misoof Baseftin Sainil Arifin langsung menggairahkan konsentrasi Pokmaswas Sagu, Birawan, Sulengwaseng, Riangbura, Lewoawang, Pantai  Oa, Ojandetun, dan Ritaebang pada materi tentang Kebijakan Penanganan Tumbuhan dan Satwa Liar yang di Lindungi dengan titik fokus pada perlindungan dan pelestarian Penyu yang dibawakan oleh Kepala Seksi Wilayah IV Maumere BKSDA NTT, Pieter R.E Didok dan Praktisi Penyu, Jaya Laka.

Kepala Dinas Perikanan, Ir Erna Dasilva dan Camat Solor Barat, Adrianus Herin sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com dalam sambutannya senantiasa melontarkan pernyataan apresiatif bagi Yayasan Misool Baseftin, WWF Indonesia, WCS serta Pokmaswas yang sangat aktif membangun kesadaran warga terhadap perlindungan beberapa jenis biota laut yang hidup di perairan Flores Timur .

“Kerja Pokmaswas sangat bagus di sini. Sejak adanya Pokmaswas di kelurahan Ritaebang dan giat melakukan pengamanan serta penangkaran telur Penyu, salah satu jenis hewan ampibi  itu dengan aman dan bebas datang bertelur di sini. Bahkan warga menonton dia bertelur dan menghantarnya ke laut usai bertelur. Ini yang menjadi daya tarik kepariwisataan bagi Kelurahan ini.”kisah Camat Ardi Herin sembari mempromosikan obyek wisata Pantai Riangsunge. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment