Desa Susah Air, Dulipali Dideklarasikan Sebagai Desa STBM

Acara deklarasi STBM di desa Dulipali, Kecamatan Ilebura, Flores Timur-NTT, Senin (8/7). Foto: BNN/ Emnir.

Ilebura/BaliNewsNetwork-Pencematan status desa Dulipali di kecamatan Ilebura, Kabupaten Flores Timur-NTT sebagai desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pada Senin, 8 Juli 2019 silam meninggalkan kepedihan tersendiri bagi warga di desa itu. Ke-7 pilar yang dilantangkan dari atas panggung acara tersebut sangat berlawanan dengan kenyataan yang ada di Dulipali.Desa yang sedang dipimpin oleh Kepala Desa Thomas M.Tukan itu,ternyata sedang mengalami kesulitan air bersih.

Bebebrapa warga desa Dulipali kepada balinewsnetwork.com di sela-sela kegiatan tersebut melitanikan kepedihan yang sedang mereka alami itu.

“Kami tak mengerti dengan acara ini.Omong soal STBM,sangat erat kaitannya dengan air bersih, sedangkan di sini air kami pake beli.Sudah sekitar 4 hingga masuk tahun ke lima ini,kami mengalami kesulitan air.Air kami pake beli.Bahwa soal kesehatan diri dan lingkungan,memang sangat penting,namun tolong kami dibantu dengan kemudahan akan pemenuhan kebutuhan yang satu ini.Air !”ungkap beberapa warga.

Dikisahkan mereka,untuk mendapatkan air bersih,mereka harus membeli air dari pickup penjual penjual air.Harga per-drom Rp 12.500. Untuk satu reit,(8 drom) mereka terpaksa merogoh kocek sebesar Rp 100.000.Itu nominal dalam kebutuhan yang keseharian.Lain ceritanya bila warga berhadapan dengan situasi membangun,atau menghadapi situasi pesta sebagaimana lainnnya di bumi Lamaholot Flores Timur dan acara perkabungan.

Inilah ketujuh pilar STBM desa Dulipali yang didengungkan dari panggung deklarasi STBM :

  1. Stop buang air besar sembarangan.
  2. Cuci tangan pakai sabun.
  3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga.
  4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.
  5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.
  6. Kandang dan ternak tidak boleh berada dekat dengan pemukiman.
  7. Penataan jemuran paalain,tidak boleh berada di depan rumah. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment