Pemkab Flotim Apresiasi Panca Windu Suster Yustin Barek, SJ Hidup Membiara

Suasana pesta Panca Windu Suster Yustin Barek, SJ. Foto: BNN/IST

Adonara/BaliNewsNetwork.Com-Suster Yustin Barek, SJ, merayakan Panca Windu hidup membiara di kampung halamannya di Desa Manga Aleng, Keluba Golit, Adonara. Pemerintah Kabupaten Flores Timur menyambut gembira dan menyatakan proviciat kepada Sr. Yustin

Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon, ST, menanggapi undangan panitia perayaaan dengan menugaskan Asisten Administrasi Umum Setda Flores Timur Michaael Bulet Ruron, SH.,M.Si untuk menghadiri Misa Syukur dan Resepsi Panca Windu Suster Yustin Barek SJ di desa Manga Aleng, Sabtu 6 Juli 2019.

Staf Humas Setda Flotim Ryan Diaz mengkisahkan  perjalanannya mendampingi Asisten III itu.

Setelah lima belas menit mengarungi laut Flotim yang biru dan berseri dengan gelombang yang sedikit mengecut nyali, kami turun di pelabuhan Tobilota lalu beberapa menit singgah di kedai kopi pelabuhan menunggu jemputan yang akan membawa kami ke tempat resepsi di Desa Manga Aleng.

Sekitar pukul sepuluh kami tiba di Adonara, matahari nampak seakan sungkan bersinar karena di selubungi awan hitam yang agak tebal. Dari kedai itu kami melihat gunung Ile Mandiri yang menjulang tinggi, lekukannya seringkali berbeda tiap waktu ada juga patahan yang terjal di antara dua sisinya dan warna pepohonan hijau yang kini mulai agak abu-abu.
Pak Asisten III menyeruput kopinya. Mobil jemputan pun datang. Kami berangkat ke Manga Aleng menyusuri desa, hutan dan pepohonan yang nampak lengang. Mobil melaju tanpa buru-buru. Desa yang kami tuju itu terlihat lengang, yang kami dapati hanya deratan rumah dengan pintu tertutup.

Tibalah kami di acara resepsi, tepatnya di pertinggaan desa Pak Asisten pun turun dari mobil, beristirahat sejenak di sebuah rumah dekat tenda acara itu. Dua orang pria paruh baya berpakaian motif sarung berjalan turun dan menjemput Asisten III untuk masuk ke tenda pesta. Suasana pesta yang dihadiri ribuan umat dan undangan itu nampak riuh dan sukaria. Lagu-lagu pesta dikumandangkan untuk menghibur tamu undangan yang datang .

Jabatan tangan silih berganti demi mengucapkan proficiat dan harapan untuk Suster Yustina Barek SJ. Dan tibalah Asisten III menyampaikan sambutan mewakili bupati yang tak sempat hadir. Dengan penuh keceriaan Asisten III menyapa yang berbahagia Sr. Yustin dan seluruh keluarga besarnya, serta pimpinan tarekat di mana tempat suster Yustin mengabdikan dirinya, juga menyapa seluruh tamu undangan yang hadir. Mereka nampak diam dan tertegun mendengarkan sambutan Asisten III.

“Dunia butuh cinta yang manis-manis,” ungkap Asisten III dengan nada berapi-api. “Bila manusia memahami cinta, maka tidak akan ada konfilk, tidak akan ada perpecahan, pembangunan akan berjalan baik,” lanjut Michael Ruron. Di Akhir sambutannya Michale Ruron meminta  masyarakat selalu mendudukung setiap upaya pembangunan yang dilakukan pemerintah dan memberi kritik yang baik dan membangun. Selanjutnya acara ditutup dengan pemotongan tumpeng. Asisten III pun diundang untuk menerima tumpeng mewakili pemerintah. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment