Bupati Anton Himbau Masyarakat Tidak Lagi Buang Sampah di Dusun Delang

Bupati Flotim Anton Hadjon Kadis Sosial Kabupaten Flores Timur Theo Maran dan Camat Tanjung Bunga meninjau lokasi pembuangan akhir sampah di Desa Sinamalaka, usai panen perdana ikan bandeng di desa tersebut, Jumat (05/07/2019). Foto: BNN/IST. 

 Larantuka/BaliNewsNetwork-Pemerintah Kabupaten Flores Timur telah menyiapkan lahan untuk pembuangan akhir sampah secara permanen terletak di Desa Sinamalaka, Kecamatan Tanjung Bunga. Untuk mencapai lokasi tersebut, setiap kendaraan yang ingin membuang sampah di tempat itu hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit dari pusat Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Karenanya pada Jumat, 5 Juli 2019, pukul 16.00 Wita, usai melakukan panen perdana ikan bandeng di Desa Sinamalaka, Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST didamping Ny. Lusia Gege Hadjon, Kadis Sosial Kabupaten Flores Timur Theo Maran dan Camat Tanjung Bunga, meninjau lokasi pembuangan akhir sampah yang bertaraf nasional itu.

Menjawab pertanyaan salah seorang wartawan yang ikut serta pada peninjauan itu, terkait masih adanya masyarakat yang masih membuang sampah di lokasi lama di Dusun Delang, Desa Tiwatobi Kecamatan Ile Mandiri, Bupati Anton Hadjon dengan tegas mengatakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup telah mengeluarkan larangan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di lokasi itu lagi.

Menurutnya, sejak dibukanya lokasi pembuangan akhir sampah di Desa Sinamalaka maka tempat pembuagan lama di Dusun Delang itu telah ditutup dan dilarang keras kepada siapa saja untuk membuang sampah di lokasi itu lagi.

“Himbau untuk tidak lagi membuang sampah di Dusun Delang itu sudah berulang kali disampaikan, namun menurutnya sering para sopir truk sampah atau masyarakat memanfaatkan waktu malam hari untuk membuang sampah di lokasi Delang itu,” ujarnya.

Karena itu Bupati Anton Hadjon menghimbau pPihak Polisi Pamong Praja, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Ile Mandiri, Kepala Desa Tiwatobi dan masyarskat setempat untuk terus memantau dan mengawasi praktek tidak terpuji para sopir atau masyarakat yang masih secara sembunyi-sembunyi membuang sampah di tempat itu. Jika nanti ditemukan masyarakat atau para sopir yang membuang sampah di lokasi itu, Bupati Anton Hadjon berjanji akan menindak tegas oknum yang melakukan praktek tidak terpuji itu. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment