Tilep Uang Perusahaan, Manager Marketing Divonis 1 Tahun 10 Bulan

Anak Agung Istri Agung Dwi Handayani Ningrat, terdakwa yang ambil uang perusahaan. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Akibat mengambil uang perusahaan tanpa izin, wanita bernama Anak Agung Istri Agung Dwi Handayani Ningrat (26) yang tinggal di Jalan Tunggul Ametung divonis 1 tahun dan 10 bulan.

Majelis hakim pimpinan Koni Hartanto dalam amar tututannya menyatakan tedakwa yang begelar sarjana ekonmi itu terbukti bersalah melakukan tindak pidan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 374 Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Yaitu melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan yang dilakukan secara berkanjut. Sebelum menjatuhkan putusan, majelis terlebih dahulu membacakan hal-hal yang memberatkan dan meringankan.

Hal yang memberatkan, akibat perbuatan terdakwa PT. Dharma Cannella memgalami kerugian Rp. 382.103.330. Sedangkan hal-hal yang neringakan, terdakwa mengakui perbutanya, berjanji tidak mengulangi dan terdakwa adalah tulang punggung keluarga.

“Oleh karena itu menghukum terdakwa Anak Agung Istri Agung Dwi Handayani Ningrat dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 10 bulan, ” tegas Hakim Koni Hartanto.

Atas vonis yang lebih ringan dari tuntuta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Luh Wayan Adhi Antari, terdakwa langsung mengatakan menerima. Pun dengan Jaksa Adhi Antari yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun dan enam bulan menyatakan menerima.

Seperti diketahui terdakwa yang sebelumnya bekerja di PT. Dharma Cannella sebagai asisten maneger akunting diberi kepercayaan untuk mencairkan dana pada akun penerimaan yang selanjutnya distorkan sepenuhnya pada akun pengeluaran.

Namun oleh terdakwa, dana yang dikeluarkan dari akun penerimaan, tidak sepenuhnya distorkan ke akun pengeluaran, tanpa izin pemilik perusahaan, sebagain uang itu malah digunakan untuk kepentingan sendiri.

Perbuatan terdakwa ini tidak hanya dilakukan sekali, tapi berkali-kali sehingga PT. Dharma Cannella mengalami kerugian Rp382.103.330. (pro)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment