Simpan Sabu, Pensiunan Dosen Terancam 12 Tahun Penjara

I Ketut Gede Berata Yasa (baju putih) saat menjalani sidang di PN Denpasar. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-I Ketut Gede Berata Yasa (55) yang disebut sebut pernah menjadi Dosen disalah satu Universitas Swasta ini hanya bisa pasrah saat didudukkan di kursi pesakitan PN Denpasar karena kedapatan menyimpan sabu seberat 0,18 gram.

Akibat perbuatannya itu, pria tang tinggal di Jalan Imam Bonjol Nomor 33, Denpasar ini pun terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara. Pasalnya, jaksa sebagaimana dalam dakwaannya menjerat dengan Pasal 112 ayat (1) UU Natkotika.

Tapi apabila terdakwa beruntung, bisa saja dihukum jauh lebih ringan karena Jaksa I Nengah Astawa yang diwakili Jaksa Agus Suraharta juga menjerat terdakwa dengan Pasal 127 ayat (1) huruf a yang ancaman hukuman maksimalnya hanya empat tahun.

Sidang yang digelar, Selasa (25/6/2019) lalu ini masih dengan agenda pembacaan dakwaan dari jaksa. Dalam dakwaan diuraikan, terdakwa ditangkap polisi pada hari Selasa tanggal 8 Januari 2019 pukul 22.00 WITA di rumahnya.

Sebelum ditangkap, terdakwa terlebih dahulu menesan satu sabu dai orang yang bernama Agus LP seharga Rp. 400.000. “Sekitar pukul 24.00 WITA, Agus LP menghubungi terdakwa dan mengatakan barang pesanan sudah diletakan di tiang listrik depan rumah terdakwa,” ungkap jaksa dalam dakwaannya.

Setelah mengambil pesanan, terdakwa masuk ke rumah. Tidak lama berselang, polisi yang sebelumnya mendapat laporan dari masyarakat langsung menangkap terdakwa.

Kepada terdakwa petugas bertanya “apakah benar anda membara narkoba” yang dijawab benar oleh terdakwa. “Silahkan keluarkan dan letaknya dilantai,” pinta polisi sebagaimana tertuang dalam dakwaan jaksa.

Terdakwa lalu mengambil sebuah spidol dan meletakan di atas lantai. Kemudian petugas mengambil spidol itu yang ternyata di dalamnya berusia satu plstik klip berisikan Narkotika jenis sabu.

Kepada petugas terdakwa mengaku sabu itu untuk digunakan sendiri. Petugas pun akhirnya melakukan penggeledahan ditempat tinggal terdakwa.

Hasil penggeledahan itu petugas hanya menemukan bong serta korek api gas. Setelah dilakukan penimbang terhadap narkotika jenis sabu yang ditemukan di dalam spidol itu, beratnya adalah 0,18 gram. (pro)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment