WN Rumania Pembobol ATM Diadili

Alexandru Boarta, bule Rumania saat diadili di PN Denpasar. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Bule Rumania bernama Alexandru Boarta (32) yang terjerat kasus pembobolan ATM (skimming), Rabu (25/6/2019) diadili di PN Denpasar. Sidang masih dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Nyoman Triata Kurniawan. Terdakwa dalam perkara ini didampingi pengacara Esra Karo-Karo.

Terungkap dalam dakwaan, kasus yang mengantarkan terdakwa menjadi pesakitan ini berawal saat terdakwa memasang alat skimming pada mesin ATM BRI di Teras Blayu dengan cara mencongkel card reader (tempat memasukan kartu ATM) pada mesin ATM.

Tujuan terdakwa memasang alat skimming itu adalah utuk merekam nomor PIN nasabah bank yang melakukan transaksi pada mesin ATM terbut. Perbuatan terdakwa ini terendus setelah dua orang saksi dari bank BRI merasa curiga ada yang aneh pada mesin ATM.

“Atas kecurigaan itu, kedua saksi lalu mendatangi bagian perekaman CCTV di Kantor bank BRI.”Dari rekaman CCTV saksi melihat ada dua orang dengan menggunakan penutup wajah sedang memasang mesin skimming,” terang jaksa Kejari Badung itu.

Atas temuan itu, kedua saksi bersama dua orang saksi dari polisi langsung melakukan pemantauan pada mesin ATM tersebut. Hasil, pada tanggal 11 Maret pukul 21.00 Wita tedakwa berhasil ditangkap saat hendak mengambil alat skimming yang dipasang pada mesin ATM itu.

Terdakwa mengaku mendapat alat skimming dengan cara membeli dari seseorang yang ada di China. “Namun terdakwa mengaku tidak mengenal orang yang menjual alat skimming itu, ” tegas jaksa dalam dakwaan.

Terdakwa juga mengaku hanya mamasang alat skimming di mesin ATM. Nantinya alat skimming itu merekam data secara online. Setelah data direkam terdakwa akan dihubungi oleh Le Ting Chen yang menginfomasikan tentang data nasabah yang terekam di alat skimming itu.

Atas perbuatan ini, terdakwa dijerat dengan Pasal 30 ayat (3) Jo Pasal 46 UU No. 11 tahun 2008 tentang ITE dan Pasal 406 ayat (1) KUHP. (pro)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment