19 Desa di Flotim jadi Desa Model Tertib Administrasi Kependudukan

Kepala Dinas Dukcapil Flotim, Marianus Nobo Waton, SH. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnnya dokumen kependudukan, Pemerintah Kabupaten Flores Timur melalui  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menelorkan kebijakan baru bernama Desa Model Tertib Admnistrasi Kependudukan. Sembilan (19 ) desa dari 229 desa/kelurahan  di Flotim, telah ditetapkan dengan SK Bupati bernomor 132 Tahun 2019 menjadi Desa Model Tertib Administrasi Kependudukan.

Kepala Dinas Dukcapil Flotim, Marianus Nobo Waton, SH yang dikonfirmasi balinewsnetwork.com di ruang kerjannya, Selasa 25 Juni 2019 menjelaskan, kebijakan yang diluncurkan pihaknya tersebut bertujuan untuk meluaskan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak dan kewajibannya  memiliki dokumen kependudukan itu.

“Di Tahun 2019, kita menetapkan 19 desa/kelurahan sebagai Desa Model Tertib Admnistrasi Kependudukan. Penetapan ke-19 desa/kelurahan ini dari diharapkan menjadi daya pacu bagi warga dan pemerintah desa/kelurahan  setempat sekaligus sebagai daya tular bagi  warga desa dan pemerintah desa/kelurahan lainnya lainnya untuk menyadari akan pentingnnya dokumen kependudukan ini.Kenapa kita lahirkan kebijakan ini? Masih banyak masyarakat kita yang belum paham akan pentingnnya dokumen kependudukan ini.Masih banyak warga kita yang malas tau dan baru tergesa-gesa  mengurusnya ketika dokumen kependudukan itu menjadi syarat utama dalam urusan  yang dihadapi.Bahkan ada pula karena terdesak dalam situasi mendesak,lalu terkesan memaksa petugas,” ungkap Nus Waton sembari menambahkan penetapan desa model tertib admnistrasi ini akan berlanjut bagi desa/kelurahan lainnya  di Tahun mendatang.

Ke-19 desa/kelurahan tersebut adalah desa Hokeng Jaya (Wulanggitang),Bokang Wolomatang (Titehena), Mokantarak (Larantuka), Mudakaputu (Ile Mandiri), Ratulodong (Tanjung Bunga), Pamakayo (Solor Barat), Kwuta, (Solor Timur), Hurung (Adonara Barat), Wailebe (Wotan Ulumado), Kelurahan Waiwerang Kota (Adonara Timur), Horinara (Kelubagolit), Weranggere (Witihama), Lamabayung, (Ile Boleng), Lamika (Demong Pagong), Bantala (Lewolema), Dulipali (Ilebura), Nisanulan (Adonara), Nubalema (Adonara Tengah), Lemanu (Solor Selatan). (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment