Hendro Jadi Anggota Keluarga Besar Polres Flotim, Kades Riangkemie : Mata Kami Buta

Kapolres Flotim,AKBP Denny Abrahams ketika membawakan sambutannya pada acara penyerahan kunci rumah hasil renovasi dalam giat Bahkti Kemanusiaan di desa Riangkemie,Flotim-NTT,Jumad (24/5). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Kapolres Flores Timur, AKBP Denny Abrahams,SH,SIK akhirnya menggabungkan seorang anak yatim Hendrikus Pati Lewar (21) asal desa Riangkemie,Kecamatan Ile Mandiri,Flores Timur-NTT dalam keluarga besar Polres Flotim. Penegasan penggabungan tersebut kembali disampaikan AKBP Denny Abrahams dalam sambutannya pada acara penyerahan secara simbolis kunci rumah hasil renovasi dalam Bakti Kemanusiaan Keluarga Kesar Polres Flotim kepada anak sebatang kara hasil perkawinan pasangan Paulus Keleka Lewar dan Getrudis Ebo (almarhum),Jumad 24 Mei 2019 di Riangkemie.

“Pesan kami  kepada saudara Hendro yang sudah kami anggap sebagai keluarga besar Polres Flotim,jangan merasa sendiri,kita semua adalah keluarga besar.Jangan berkecil hati, terus berpacu untuk meraih cita-citamu agar kelak dapat bermanfaat bagi masyarakat Riangkemie khususnya  dan Flores Timur pada umumnya. Ada tetangga disini , ada masyarakat Riangkemie, dan ada Polres  Flotim yang adalah keluarga Hendro. Raihah cita-citamu dan jangan berkecil hati.”pinta Kapolres Denny Abrahams meneguhkan Hendro.

Terkait dengan rumah hasil renovasi dalam bakti Kemanusiaan Polres Flotim tersebut,Kapolres pengganti AKBP Arry Vavirianto itu meminta Hendro dan masyarakat desa Riangkemie untuk jangan melihat nilainya,namun lihatlah ini dari sisi kemanusiaan, dari aspek  sosial dan kebersamaan antara Polres  Flotim dan masyarakat desa Riangkemie secara khusus dan masyarakat Flotim pada umumnya.

“Kami terpanggil secara spontan,ketika kisah hidup saudara Hendro ini diceritakan oleh salah seorang anggota kami yang mengalami perjumpaannya dengan Hendro dalam tugas pengamanan pengumuman kelulusan tingkat SMA/SMK kemarin. Tidak saja hanya kita disini yang tersentuh ,namun begitu banyak orang diluar sana yang tersentuh ketika melihat kisah hidup Hendro ini.Maka kami langsung ajak anggota Polres Flotim di apel pagi untuk berpartisipasi menolong saudara Hendro ini.Kami mengajak seluruh anggota untuk  tidak saja bertugas meluluh dengan urusan  duniawi namun kita juga harus bisa laksakana kegiatan kemanusiaan,apalagi di bulan Mei, bulan yang sangat baik, aroma Paskah masih ada dan bulan penuh berkat bagi umat Muslim yang sedang menjalankan puasa. Kami sentuh hati anggota pada apel pagi untuk berpartisipasi secara sukarela,untuk terpanggil dalam kegiatan renovasi rumah saudara Hendro ini. Walau sedikit,namun kita bisa berbuat, daripada tidak sama sekali.” kisah suami Ny.Ita Abrahams itu mengisahkan aksi spontan keluarga besar Polres Flotim menggalang dana.

Tak henti-hentinya Kapolres Flotim itu mengucapkan terimakasihnya kepada warga desa Riangkemie dan Pemerintah Desa setempat yang terlibat aktif bersama pihak Polres dalam giat renovasi rumah hunian anak bungsu dari dua bersaudara yang sudah ditinggalkan ibunya semenjak Hendro duduk dibangku SMP kelas II tersebut.

Rumah hasil Renovasi

Gerakan peduli kasih yang  telah diperlihatkan pihak Polres Flotim terhadap anak sebatangkara itu pun menjadi pelajaran berharga bagi Pemerintah Desa Riangkemie. Kepala Desa Riangkemie Thomas Irianto B.Lewar dalam sambutannya bahkan mengungkapkan kebutaan mata mereka terhadap kondisi nyata yang dialami warga di desanya itu.Mata kami buta,demikianlah Kades Thomas seakan mempersalahkan dirinya sendiri yang tidak tanggap terhadap kenyataan yang ada di pelupuk matanya itu.Dan  sentuhan kasih pihak Polres Flotim itu telah membukakan kebutaan mereka dan telah terpatri dalam diri Pemdes untuk merencanakan apa yang telah dilakukan pihak Polres itu dalam perencanaan pembangunan di desanya.

Sembari mengucapkan terimakasihnya kepada  keluarga besar Polres Flotim,Thomas Irianto B.Lewar pun berpesan kepada Hendro untuk senantiasa merawat rumah hasil renovasi dari pihak Polres Flotim tersebut sebagai sebuah cendramata atau kenang-kenangan dari ketulusan hati.

“Untuk No Hendro,lihat ini sebagai sesuatu yang dari hati dan memacu semangat bahwa saya harus betul-betul  berusaha,agar harapan bersama kita terutama dari pihak polres akan sangat senang ketika melihat No Hendro kelak berhasil menjadi yang pribadi yang berubah dan berguna ! Jagalah baik-baik,jangan jadikan rumah ini sebagai tempat hura-hura,jangan jadikan rumah ini sebagai tempat untuk senang-senang,kumpul dengan teman-teman untuk urusan yang  tidak bermanfaat ! Rawatlahh dengan baik,karena ini cindera mata atau kenang-kenanganan yang datang dari hati !Peliharalah ini sebagai sebuah hati dan cita-cita yang masih jauh, tolong diteruskan.Berdoa banyak untuk Kapolres dan jajarannya.”pinta Kades Thomas.

Tak banyak kalimat yang terlontar dari mulut Hendrikus Pati Lewar ketika menerima kunci simbolis dari Kapolres Denny Abrahams dan sembako dari Ny.Ita Abrahams. Gembira campur haru bersatu dalam ucapan terimakasihnya atas sentuhan kasih dari keluarga besar Polres Flotim pimpinan Denny Abrahams tersebut. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment