Rencana Pembangunan Masjid Raya Lamabunga – Belum Setahun Panita Terbentuk, Sudah Terkumpul  Dana Rp 351 Juta Lebih

Kondisi terkini Masjid Raya Amir Hamzah, Lamabunga, Flores Timur.

Denpasar/BaliNewsNetwork.Com-Panitia Pembangunan Masjid Raya Amir Hamzah, Lamabunga, Kecamatan Keluba Golit, Kabupaten Flores Timur, NTT, kini boleh berbangga hati. Pasalnya, meski panitia baru dibentuk sekitar September 2018, toh telah menunjukkan kinerja yang menggembirakan.

Koordinator Umum Panitia Pembangunan Masjid Amir Hamzah Lamabunga, Amran Nutrdin, mengatakan, jika dilihat dari nila donasi dalam bentuk uang tunai yang masuk ke dua akun per hari ini, 17 Mei 2019, totalnya sudah mencapai Rp 351.784.208.

“Rinciannya,  saldo pada buku Tabungan di BRI Unit Hinga Cabang Larantuka atas nama Pembangunan Masjid Raya Amir Hamzah Lamabunga  sebesar Rp 348.457.293 dan saldo pada akun kitabisa.com sebesar Rp 3.326.915,” kata Amran Nurdin ketika dihubungi per telepon selularnya dari Bali.

Disebutkan, selain dana cash, ada juga donasi dalam material seperti semen, multiroof, keramik yang nilainya sekitar Rp 100 juta-an,  serta pengumpulan material batu dan krikil oleh masyarakat Desa Lamabunga, Kecamatan Kelubagolit, Kabupaten Flores Timur, NTT

Menurut Amran Nurdin, yang juga arsitektur  Masjid Raya Amir Hamza yang baru nanti, dia mendesain dua protipe masjid, masing-masing dengan anggaran Rp 700 juta dan Rp 1 miliar.

“Jika dilihat dari kemampuan donasi yang masuk, kayaknya tahun depan kita sudah mulai membangun dengan prototipe pertama senilai Rp 700 juta. Tapi kalau kita bersabar dikit lagi, atau 2 tahun lagi baru dibangun, mungkin kita bisa capai Rp 1 millih sehingga semua aspek dalam masjid terpenuhi, termasuk menara masjid.  Tapi ini nanti kita putuskan bersama dalam rapat panitia dengan para pengurus masjid dan para tokoh kita,” ujar Amran Nurdin.

Very Riang Hepat Siap Bantu

Very Riang Hepat alias Vier Abdul Jamal. Siap membantu hingga tuntas.

Terpisah, Very Riang Hepat, seorang tokoh muda sekaligus pengusaha sukses di Jakarta  yang berasal dari Desa Lamabunga, menegaskan siap membantu pembangunan Masjid Raya Amir Hamzah Lamabunga agar dalam waktu dekat bisa digunakan sebagai rumah ibadah yang layak. Maklum masjid yang dibangun tahun 1965 ini dindingnya nyaris keropos setelah dihantam gempat bumi beberapa kali. Atapnya dari seng juga sudah mulai berlubang sehingga sangat risakan kalau musim hujan tiba.

“Kalau tahun depan kita sudah mulai membangun dengan modal awal Rp 700 juta, In sha Allah kita bisa sampai Rp 1 miliar. Kekurangannya saya siap bantu,” kata Very  melalui telepon selular kepada Bali News Network. Com.

Sekedar diketahui, seorang putra lamabunga, Adonara, Flores  Timur kini tampil sebagai pengusaha suskes di Jakarta. Pria yang terlahir dengan nama Veri Riang Hepat  dan kini bernama Vier Abdul Jamal (50 th)  adalah seorang pengusaha, investor, dan pialang saham Indonesia. Ia mengelola Vierson & Daughter Investment dan memegang saham sejumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). VIVAnews pernah menyebutnya sebagai investor individu paling sukses di Indoensia. Sebagai pialang saham, pencapaian terbesarnya adalah ketika mendapatkan kepercayaan dari investor untuk mengelola dana sebesar USD 3 juta. Sampai 2018, Vier dicatat mengelola aset dan portofolio senilai USD 900 juta. Saat ini, kegiatan bisnisnya tersebar di Jakarta, Singapura, Malaysia, Hongkong, dan Tiongkok..

Meski Very Riang Hepat sudah membulatkan tekadnya untuk membantu pembangunan masjid ini, namun  panitia masih mengharapkan bantuan doa dan donasi dari semua pihak  untuk mewujudkan rencana ini.  Donasi Pembangunan Masjid Raya Amir Hamzah Lamabunga bisa ditransfer melalui rekening panitia di bank BRI Unit Hinga Cabang Larantuka Nomor Rekening: 749601010358530 atas nama Pembangunan Masjid Raya Amir Hamzah Lamabunga.  Atau bisa donasi melalui link: https://kitabisa.com/bantumasjidlamabunga.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengubungi Contact Person Panitia: Amran Nurdin di nomor HP: 082188808882, M. Kopong Sabon, HP: 08533350151, dan Abdul Gani Rate , HP: 085253556182 (rsn)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment