Pemkab Karangasem Undang Pemkot  Denpasar Paparkan LAKIP dan Tata Kota

Denpasar/BaliNewsNetwork– Keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak.

Salah satunya Pemerintah Kabupaten Karangasem yang pada Selasa (14/5) kemarin mengundang Pemkot Denpasar untuk memaparkan kiat menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) dan Tata Kota di Wantilan Kantor Bupati Karangasem.

Dalam kesempatan tersebut jajaran Pemkot Denpasar dipimpin Sekda AAN. Rai Iswara mengajak beberapa pimpinan OPD seperti Assisten I Made Toya, Asisten III IGN Eddy Mulya, Plt. Kepala Bappeda Wisnu Wijaya Kusuma, dan beberapa kepala OPD lainya.

Rombongan Pemkot Denpasar ini disambut hangat Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri dan Sekda Kabupaten Karangasem, I Gede Adnya Mulyadi.

Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara mengatakan pelaksanaan reformasi birokrasi berupa Perencanaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dan Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tidak akan menemui rintangan bila dilaksanakan secara bersama.

“Tentu pelaksanaan reformasi birokrasi ini harus dilaksanakan berdasarkan semangat untuk terus mengejar kualitas diri. Dalam berkomunikasi jangan sampai ada stagnasi komunikasi serta didasari kesungguhan dalam bekerja” ucap Rai Iswara.

Lebih lanjut dikatakan Sekda Rai Iswara, Pemerintah Kota Denpasar menargetkan tahun 2019 Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) mencapai nilai A.

Mengingat untuk pelaksanaan SAKIP dan LAKIP perlu adanya pemahaman yang sama dari tingkat pimpinan sampai pada staf untuk setiap pelaksanaan program.

Semua pegawai dilingkungan Sekretariat Pemerintah Kota Denpasar harus tahu tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Sedangkan untuk perumusan kebijakan teknis dilaksanakan badan dan dinas di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Terkait dengan pemahaman SAKIP, Rai Iswara menyampaikan semua pegawai harus tahu core bussines atau tupoksi masing-masing OPD.

Sementara, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri menyambut kedatangan Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara beserta jajaran nya untuk melaksanakan pemaparan ini.

Pihaknya mengapresiasi Pemkot Denpasar dalam membantu pembangunan di Kabupaten Karangasem yang telah dilaksanakan dengan sangat luar biasa.

“Perencanaan LAKIP dan SAKIP serta deretan prestasi yang diperoleh Pemkot Denpasar dibidang reformasi birokrasi semoga dapat dipelajari sebagai contoh di Kabupaten Karangasem.” ungkap Mas Sumatri.

“Saya berharap dengan kegiatan ini dapat membuka wawasan dan memberikan inspirasi dalam perencanaan kinerja serta tata kota di Kabupaten Karangasem sehingga akan berdampak pada meningkatnya nilai LAKIP serta baiknya tata kota di Kabupaten Karangasem” ujarnya. (pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment