Kunjungan Pangdam IX Udayana di Makodim 1624 Flotim, Ada Berkat Bagi Lembata

Pangdam IX Udayana,Mayjen Benny Susianto,S.I.P dalam lawatannya ke Kodim 1624 Flores Timur,Selasa (14/5).Foto:BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Walau rencana pembentukan Kodim Lembata belum masuk dalam rencana strategis Komando Daerah Militer (Kodam) IX Udayana di Tahun 2019,namun rencana tersebut telah menjadi agenda penting dan komitmen perjuangan pihak Kodam IX Udayana.

Dikonfirmasi BaliNewsNetwork.com usai melakukan tatap muka dengan keluarga besar Kodim 1624 Flotim dalam lawatan perdananya tersebut,Selasa,14 mei 2019,Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam ) IX Udayana,Mayor Jenderal Benny Susianto terkait kemungkinan pengembangan Kodim Lembata,pisah dari Kodim 1624 Flotim, secara tegas mengakui pihaknya telah menggagas rencana tersebut namun belum masuk dalam renstra TNI AD untuk tahun ini.

“Dalam dialog tadi,ada juga pertanyaan dari beberapa prajurit TNI Kodim 1624 Flotim terkait operasional satuan ini dihadapkan dengan dinamika sosial kemasyarakatan di wilayah Kodim 1624  Flotim,yang dihubungkan dengan letak geografis yang terdiri dari 4 pulau besar,yakni Flores Daratan, Pulau Adonara,Pulau Solor dan Lembata :Apakah ada kemungkinan pengembangan Kodim Lembata mengingat Lembata sudah berkembang menjadi sebuah Kabupaten sendiri ? Saya terhadap pertanyaan tersebut menjawab konsep atau rencana tersebut memang bagian dari pemikiran Kodam dan menjadi komitmen perjuangan untuk masuk  dalam renstra Kodam IX Udayana kali ini.Namun konsep itu belum terakomodir dalam renstra kali ini.Semuanya bertahap.”urai Mayjen Benny Susianto.

Walaupun rencana pengembangan Kodim Lembata belum masuk dalam renstra Kodam IX Udayana,upaya percepatan pembentukan Kodim Lembata itu kian menambah semangat pihak Kodam IX Udayana menyusul Panglima Berbintang Dua tersebut mendapat laporan bahwa Pemda Lembata telah menyiapkan lahan untuk urusan tersebut.

“Nah ini bahan masukan yang sangat berharga  bagi kami dan akan kami perjuangkan di Tingkatan TNI AD ,siapa tau nanti bisa dipercepat.Kalau proses kajiannya untuk membentuk kodim Lembata memang sudah kita lakukan,namun kembali lagi,kita terbentur pada anggaran,karena peruntukkannya jelas,anggaran sekian lahan sekian, pangkalan dan personilnya sekian.Soal rencana pengembangannya si iya ! Lembata akan kita bangun kodim baru,tapi kembali kita lihat renstra AD.Kita mohon dukungan doa,dan suport dari pemda setempat.”pinta Pangdam IX Udayana itu sembari mencontohkan yang sudah dibuat Pemda di Sumbawa Barat.

Sementara itu,terkait kepastian pengembangan Kodim Baru di Propinsi NTT, Mayjen Benny mengungkapkan akan ada pengembangan  di Kabupaten Sumba Barat Daya dan di Manggarai. Pengembangan Kodim baru di Sumba Barat Daya dikarenakan di wilayah tersebut telah dibangun Bandara bertaraf Internasional serta pengembangan Pariwisata. Sedangkan di Manggarai karena selama ini hanya ada satu Kodim dengan wilayah kerja melingkupi tiga Kabupaten,yakni Kabupaten Manggarai,Kabupaten Manggarai Barat dan manggarai Tengah.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment