Tingkatkan Kesadaran Kekerasan Suksual, GOJEK Gelar Program Pelatihan Mitra Driver

Denpasar/BaliNewsNetwork-Kekarasan seksual menjadi perhatian masyarakat pengguna layanan transportasi online. Tapi edukasi mengenai topik kekerasan seksual tak jarang dianggap tabu.

Melihat kondisi itu, GOJEK bersama para mitra  drivernya berkomitmen untuk menjadi pelopor di industri ride-hailling dalam meningkatkan kesadaran dengan pemahaman masyarakat mengenai kekerasan seksual di ruang publik.

Berkolaborasi dengan Hollaback!, GOJEK menggelar program pelatihan kontra driver untuk meningkatkan kesadaran akan kekerasan seksual. Materi pelatihan disusun secara komprehensif mencakup pengetahuan tentang jenis-jenis pelecehan seksual yang harus dihindari .

Anindya Restuviani, Co-Director Hollaback!, mengatakan sangat mengapresiasi langkah GOJEK dalam memberikan pelatihan terhadap mitra drivernya. “Hal ini tentu membawa angin segar bagi gerakan melawan kekerasan seksual,”ujarnya dalam acara yang di gelar si Sanur, Jumat (29/3/2019).

Karena itu dia berharap, untuk kedepannya para mitra GOJEK tak sekedar memahami bentuk-bentuk kekerasan seksual dan menghindarinya.”Tapi juga harus berperan aktif untuk mengambil tindakan dalam melawan kekerasan seksual di ruang publik,”harapnya.

Keseriusan GOJEK dalam mengenangi tidak kekerasan seksual ini, diimplementasikan pula dalam standar operasional prosedur (SOP) penanganan kasus dan laporan, yang dilakukan dengan fokus keberpihakan pada korban.

“Hal ini dilakukan demi mendukung komitmen GOJEK untuk menyediakan layanan transportasi yang ramah bagi seluruh masyarakat, terutama kelompok perempuan dan anak-anak,”tambahnya.

Dikatakan pula, sebagai bagaikan dari mitigasi resiko, setiap laporan kekerasan seksual yang masuk di call center GOJEK, akan langsung ditangani oleh unit darurat.

Unit ini bertugas langsung segera menemui korban, melakukan pendalaman kasus, dan menawarkan bantuan yang diperlakukan.

“Bantuan yang ditawarkan itu mencakup tindak mendis untuk pemeriksaan fisik, pengobatan, serta layanan pendampingan oleh psikiater sebagai bagian dari penyembuhan trauma,”tandasnya. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment