500-an Peserta Diklat Pelayaran dengan Kompetensi SKK 60 Mil

Wakil Bupati Flotim Agustinus Payong Boli, SH menyematkan tanda peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat dengan Komptensi SKK 60 MIL dan BST KLM di Aula Paroki Sanjuan Lebao Larantuka, Selasa (19/3/2019). Foto: BNN/ist

Larantuka/BaliNewsNetwork.Com-Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, SH saat membuka Diklat Pemberdayaaan Masyarakat dengan Kompetensi SKK 60 ML dan BST KLM di aula Paroki Sanjuan Lebao mengatakan,  UU No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran  mengisyaratkan  2 (dua) hal pokok dalam pelayaran yakni keamanaan dan kenyamanan. Keamanan menjadi tanggung jawab nahkoda dan ABK kapal dan kenyamanan juga menjadi tanggung jawab nahkoda serta semua orang yang terlibat dalam pelayaran tersebut. Karena berhubungan mutlak dengan nyawa, maka nahkoda dan ABK wajib memiliki kompetensi yang diberikan badan yang mempunyai otoritas.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Pelabuhan Laut Larantuka bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang   dan  dihadiri oleh Asisten II Kabupaten Lembata, perwakilan TNI Angkatan Laut, Kepala Syiabhandar Larantuka Simon Baon, Kadis Perhubungan Antonius Lebi Raya, Para Lurah, dan undangan.  Kegiatan ini seyogiayanya diikuti oleh peserta dari 7 Kabupaten di Provinsi NTT. Peserta yang hadir berjumlah 500-an dari Sikka, Lembata, Flotim, dan Sumba. Adapun tujuan diklat ini para nelayan tradisional bisa  memperoleh sertifikat resmi sehingga mempunyai legal standing dalam berlayar.

Wabup berharap para peserta dapat memiliki pengetahuan cukup sebagai akibat dari pelatihan yang dilaksanakan tersebut. Wabup berpesan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh- sungguh.

“Terkadang orang yang mempunyai sertifikat juga  dapat mengalami  kecelakaan karena kurangnya kualitas. Ketika  nahkoda berlayar,  di situ ada harapan keluarga, penumpang yang dibawa juga memiliki harapan dan  masa depan. Maka Anda mutlak harus mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya. Karena yang diharapkan bukan hanya selembar kertas sertifikat, lebih penting dari itu yakni kompetensi yang utuh,” kata Wabup Agus Boli. .

Wabup Agus Boli berharap, para peserta yang mengikuti pelatihan harus memiliki motivasi mutlak untuk bekerja di laut.

“Jangan nanti sudah dapat sertifikat, malah jadi sopir,” ungkap Wabup Agus sambil diikuti gelak tawa para peserta. “Yang terpenting adalah motivasi,” lanjutnya.

Salah seorang peserta dari Kolaka, Sulawesi Tenggara mengatakan, dia mengikuti pelatihan ini agar dapat memiliki legalitas dalam memegang kemudi kapal. Salah satu peserta perempuan mengatakan di samping menambah pengetahuan, Ia juga ingin mengarungi lautan berkat sertifikat yang akan ia peroleh.

Wakil Bupati Flotim Agustinus Payong Boli, SH penyematkan bintang pelayanran kepada peserta Diklat asal Kabupaten Sumba Tengah pada acara Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat dengan Komptensi SKK 60 MIL dan BST KLM di Aula Paroki Sanjuan Lebao Larantuka, Selasa (19/3)

Wabub Agus Boli percaya kegiatan ini akan berdampak positif bagi ekonomi.  Disebutkan, masalah paling besar bangsa ini adalah ketahanan ekonomi, bukannya problem ideologi yang biasa didengungkan di media. Ekonomi carut marut menimbulkan masalah.

“Karena itu mari  bersama meningkatkan pendapatan perkapita melalui kerja di laut dan pelayaran. Hidup  sekarang ini sangat susah. Oleh karena itu para peserta harus percaya bahwa melalui pelatihan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mendatangkan kesejahteraan  pada para peserta sekalian, serta membantu perekonomian dan pendapatan perkapita penduduk per tahun. Dahulu kegiatan pelatihan seperti ini sulit ditemukan. Orang-orang berjuang mencari pelatihan semacam ini di luar. Sekarang pelatihan ini datang pada kita. Oleh karena itu pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.  Akhirnya provisiat semoga kegiatan ini berdampak baik,” ungkap Wabup Fotim Agus Boli. (adv)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment