Ditangkap Kantongi Dua Pekat Sabu, Dony Terancam 12 Tahun Penjara

Denpasar/BaliNewsNetwork-Pria 39 tahun kelahiran Madura, Dony Dahmawi tidak berkutik saat didudukan di kursi pesakitan PN Denpasar. Dony yang tinggal di Jalan Campuan, Banjar Legian Tengah itu diadili karena kedapatan mengantongi dua paket sabu.

Selain itu, dari hasil penangkapan Dony, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu buah timbangan elektrik dan satu bendel plastik klip kosong. Akibat perbuatannya itu, Ia pun terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Pasalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Gusti Lanang Surya yang menyidangkannya  menjerat dengan Pasal 115 ayat (1) UU Narkotika pada dakwaan pertama dan Pasal 112 ayat (1) UU yang sama pada dakwaan kedua yang ancaman hukumnya maksimal 12 tahun penjara.

Karena ancaman hukumnya cukup tinggi, majelis hakim pimpinan IGN. Putra Atmaja menyarankan terdakwa untuk didampingi pengacara. Tapi karena terdakwa tidak memiliki uang , maka majelis hakim pun menunjuk tim pengacara dari PBH Peradi Denpasar untuk mendampingi terdakwa.

Sementara itu, sebagaimana dalam dakwaan jaksa disebut, terdakwa yang hanya tamatan SD itu ditangkap di Jalan Raya Pemogan, Gang Mutiara Indah pada tanggal 19 Desember 2018 sekira pukul 18.30 Wita.

Sebelum terdakwa ditangkap, terdakwa terlebih dahulu membeli dua paket sabu dari orang yang bernama Taufik seharga Rp 1.300.000. “Setelah terdakwa membayar melalui ATM, Taufik menghubungi terdakwa untuk mengambil sabu pesanannya di tembok ATM BRI Jalan Raya Pemogan,”sebut jaksa dalam dakwaanya.

Setelah mengambil tempelan sabu, terdakwa langsung pulang ke kostnya. Saat terdakwa berada dalam kost, tiba-tiba datang petugas polisi yang langsung menangkapnya. “Saat itu langsung dilakukan penggeledahan dalam diri terdakwa,” kata jaksa.

Hasil penggeledahan, di saku celana terdakwa, ditemukan 2 plastik klip berisikan kristal bening yang awalnya diduga sabu. Selain petugas juga mengamankan sebuah timbangan elektrik serta satu bendel plastik klip kosong. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment