Trio Pengedar Sabu Lintas Pulau Divonis Bervariasi

Trio pengedar sabu lintas pulau yang divonis 10 dan 9 tahun penjara oleh majelis hakim PN. Denpasar. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Trio pengedar 998.32 gram sabu lintas pulau, Senin (11/3/2019) divonis bervariasi. Terdakwa Ali Wafa alias Frenky (terdakwa I) yang sebelumnya dituntut hukuman 14 tahun penjara divonis 10 tahun.

Sedangkan dua terdakwa lainnya, Moh.Rahman (terdakwa II) dan Fathorrahman alias Ongky (terdakwa III) yang sebelumnya dituntut hukuman 13 tahun penjara, masing-masing divonis 9 tahun. Sedangkan hukuman denda, ketiga terdakwa didenda sama rata yaitu Rp. 2 miliar subsider 4 bulan penjara.

Majelis hakim PN Denpasar pimpinan Novita Riama dalam amar putusannya yang dibacakan dihadapkan ketiga terdakwa menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) A.A Alit Suastika yang menyatakan ketiga terdekat terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU Narkotika.

“Ketiga terdakwa terbukti melakukan tindak pidana bermufakat jahat tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menguasai, menyimpan atau menyediakan Narkorika Golongan I yang beratnya melebihi lima gram,” tegas hakim dalam amar putusannya.

Atas putusan itu, ketiga terdakwa melalui kuasa hukumnya, Edward Firdaus Pangkahila menyatakan menerima, sementara jaksa menyatakan pikir-pikir.

Diberitakan sebelumnya, kasus ini berawal saat terdakwa I dan II berangkat ke Jakarta dengan menumpang pesawat untuk mengambil narkoba jenis sabu-sabu dari orang yang bernama Andre (identitas lengkap tidak diketahui) seberat 496 gram.

Setelah mengambil sabu dari Andre, keduanya kembali ke Denpasar melalui jalan darat. “Saat tiba di dekat terminal Ponorogo, kedua terdakwa dijemput oleh terdakwa III dengan mobil Honda Jazz Nopol DK. 1243 DU,” sebut jaksa dalam tuntutanya.

Selanjutnya Narkotika jenis sabu yang dibawa terdakwa I dan II itu disimpan dalam tas ransel dan menyimpan dibelakang jok pengemudi, dan mereka pun melanjutkan perjalanan ke Denpasar.

Namun apes, saat tiba di depan rumah Nomor 3 atau persisnya depan Polsek Negara, mobil yang ditumpangi ketiga terdakwa dihentikan oleh petugas polisi dari Polda Bali. Diketahui, sebelum polisi mengamanakan pada terdakwa, polisi terlebih dahulu mendapat laporan masyarakat yang menyebut akan ada peredaran narkoba dari Jawa ke Bali.

Saat ditangkap, langsung dilakukan penggeledahan dalam mobil yang ditumpangi para terdakwa. Hasilnya polisi menemukan narkoba jenis sabu yang disimpan dalam tas ransel dan diletakkan dibelakang jok pengemudi. Tak hanya itu, polisi juga melakukan penggeledahan di rumah terdakwa I di Jalan Glogor Carik IB, Gang Sahadewa No. 20 dan terdakwa II di Jalan Pulau Yoni.

Dari rumah terdakwa I dan II ini polisi kembali menemukan barang bukti sabu dengan berat total 2,94 gram, 2,58 gram dan 1,80 gram. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment