Maksimalkan Peran PPK,PPS dan KPPS,KPU Flotim Adakan Bimtek Berjenjang

Komisioner KPU Propinsi NTT, Edi Diaz (kedua dari kiri) bersama ke-5 Komisioner KPU Kabupaten FLores Timur dalam seremonial pembukaan Bimtek PPK se-kabupaten Flotim. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Empat puluh lima (45) hari lagi,tepatnya di 17 April 2019,Pemilihan Umum  serentak (Pilpres dan Pileg) Tahun 2019 akan digelar. Memaksimalkan peran para penyelenggara pada tingkat Kecamatan, Desa dan TPS, pihak KPU Kabupaten Flores Timur melaksanakan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara  secara berjenjang.

Juru bicara KPUD Flores Timur,Gregorius Sule Sanga,SE  yang dikonfirmasi balinewsnetwork.com, Senin, 11 Maret 2019 di sela-sela kegiatan itu menjelaskan, bimtek tersebut dimulai dari jenjang PPK yang akan dilanjutkan pada tingkat PPS dan KPPS.

Gregorius Sule Sanga,SE

“Hari ini, kami melaksanakan Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara bersama PPK se-kabupaten Flotim. Ada 95 peserta. Soal materinya, karena berkaitan dengan perhitungan dan rekapitulasi maka materinya sesuai teknis perhitunan suara dan rekapituasi yang akan dilakukan oleh PPK. Kami akan lakukan Bimtek berjenjang yang hari ini dengan PPK,dan akan dilanjutkan ke setiap kecamatan untuk bimtek PPS dan KPPS dengan peserta, satu anggota PPS dan 3 anggota KPPS,” terang Gregorius Sule Sanga.

Mengingat peserta yang diundang ini sangat terbatas,demikian Sule Sanga dalam penjelasan lanjutannya,pihaknya telah mendesain perencanaan untuk memperkuat barisan penyelenggara tingkat bawah. Dari Bimtek PPK ini,dibuatlah Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) untuk PPK melaksanakan bimtek mini bagi anggota PPS sebelum pihak KPUD turun melaksanakan bimtek PPS,dan seterusnya,PPK dan PPS akan  turun melakukan bimtek bagi anggota KPPS.

“Karena Pemilu 2019 ini cukup rumit, baik dari sisi teknis maupun sisi pengelolaan administrasi maka target kita, semua anggota penyelenggara di setiap tingkatan harus memahami secara utuh terkait mekanisme prosedur sampai pada pengelolaan administrasi pemilu. Hasil pemilu baik atau tidak, tergantung dari hasil kerja teman-teman tingkat bawah (KPPS) pada pungut hitung tingkat KPPS di 17 April 2019 mendatang,” tandas  Sule Sanga. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment