Bertepatan Dengan Semana Santa, KPU Flotim Bijaki Jadwal Rekapituasi Hasil Pemilu 2019

Jubir KPU Kabupaten Flores Timur, Gregorius Sule Sanga, SE. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Komisi Pemilihan Umum )KPU) Kabupaten Flores Timur telah menyiasati tahapan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 pada tingkat PPS dan PPK mengingat pelaksanaan Pemilu serentak yang terjadwalkan pada 17 April 2019 mendatang serta tahapan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 pada tingkat PPS dan PPK  bertepatan dengan perayaan keagamaan umat Katolik menyambut Hari Raya Paskah.

Juru bicara KPU Kabupaten Flores Timur, Gregorius Sule Sanga, SE ketika dikonfirmasi balinewsnetwork.com terkait tabrakan antara pelaksanaan ritual keagamaan khas umat Katolik Flores Timur yang bernama Pekan Semana Santa tersebut dengan jadwal rekapitulasi hasil Pemilu 17 April 2019 mengakui pihaknya telah membijaki tahapan rekapitulasi pasca tahapan penghitungan suara dan rekapitulasi tingkat KPPS pada 17 April 2019.

“Secara internal kami telah membijaki tahapan rekapitulasi hasil Pemilu 17 April 2019 pada tingkat PPS dan PPK akan terjadi pada Senin, 22 April 2019 setelah perayaan Paskah.Kita terpaksa mengurangi waktu dari sebelumnya sebagaimana jadwal normalnya 10 hari menjadi 5 hari efektif .Hari H Pemilu (17 April 2019) bertepatan dengan hari Rabu Trewa dimana konsentrasi umat Katolik,khususnya di Flores Timur sudah terfokus pada perayaan Semana Santa yang sudah dimulai pada Minggu Palma. Sehingga jadwal rekapitulasi hasil pemilu tingkat lanjutan pasca pemungutan ,perhitungan dan rekapitalasi pada tingkat KPPS  sebagaimana yang telah dijadwalkan pada 18-27 April 2019 akan kita geser pada Senin, 22 April 2019. Nah pada Rabu, 17 April 2019,hanya selesai untuk tingkat KPPS,” jelas Gregorius Sule Sanga sembari menambahkan soal pergerakan kotak suara tetap terjadi setelah pungut hitung. Jadi entah pada 17 April 2019 malam atau pada Kamis,18 April 2019 pagi, kotak suara tetap bergerak ke PPS,demikianpun selanjutnya ke tingkatan berikutnya usai pleno rekapitlasi.

Walau terjadi pengurangan waktu efektif kerja penyelenggara,toh,pihak KPU Kabupaten Flores Timur bersama KPPS, PPS dan PPK telah komit untuk memaksimalkan kerja mereka tersebut. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment