Rai Mantra Buka Penyuluhan Pencegahan Bahaya Kebakaran di Denpasar

Denpasar/BaliNewsNetwork-Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat luas dan kesiagaan bagi masyarakat pemukiman kumuh dalam pencegahan dan penaggulangan bencana, Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar mengadakan kegiatan Penyuluhan Pencegahan Bahaya Kebakaran.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat tentang kebencanaan utamanya Kebakaran ini dibuka langsung Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar, IB. Joni Ariwibawa, yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis dan pemukulan gong di Hotel Mahajaya Denpasar, Senin (11/2).

Walikota Rai Mantra dalam sambutannya mengatakan, untuk memperkuat pencegahan bencana, pertama-tama masyarakat harus memahami mitigasi bencana, khususnya kebakaran dan apa yang diperbuat jika ada sebuah bencana.

Untuk itu penyuluhan seperti ini memang harus dilaksanakan secara bertahap, apalagi bencana kebakaran itu terjadi sebesar tuju puluh persen (70%) terjadi di daerah pemukiman padat penduduk. “Untuk itu harus dikendalikan dan memepersiapkan hal-hal yang dibutuhkan terhadap ganguan-ganguan yang mungkin bisa terjadi di tempat pemungkiman padat penduduk”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk itu instansi terkait harus membentuk sebuah tim-tim dengan instruktur yang dibentuk disetiap daerah terbawah, sepeti di tinggkat desa dan di tinggkat dusun.

Nanti setelah di tingkat dusun harus ada lagi bagian-bagian kecil di setiap situasi dan kondisi yang memungkinkan pegetahuan mengenai penaggulangan bencana, agar semua lapisan masyarakat bisa mengetahui cara penaganan bila terjadi bencana. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment