Jadi Kurir Sabu, Sopyan Dituntut Enam Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

Terdakwa Sopyan saat mendengar tuntutan jaksa di muka sidang. Foto: BNN/pro.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Pria bernama Sopyan yang ditangkap dengan tiga paket sabu seberat 1 gram, pada sidang belum lama ini dituntut hukuman enam tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Putu Oka Surya Atmaja dalam amar tuntutan yang dibacakan dihadapan majelis hakim PN Denpasar menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tidak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 ayat (1) UU Nakotika.

“Terdakwa tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman,” sebut Jaksa Putu Oka sebagaimana dalam surat tuntutanya.

Karena terbukti bersalah, Jaksa Kejari Denpasar itu pun menuntut agar terdakwa yang tinggal di Jalan Subur Gang Mirah Nomor 2 itu dengan pidana penjara selama enam tahun.”Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama enam tahun,”pinta jaksa dalam surat tuntutan.

Selain menuntut hukuman penjara, jaksa juga menuntut terdakwa untuk membayar denda Rp. 1 miliar.”Dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan selama enam bulan,”pungkas jaksa.

Sementara terdakwa yang didampingi tim pengacara dari PBH Peradi Denpasar itu langsung mengajukan pembelaan secara lisan yang intinya memohon keringanan hukuman sembari berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Diberitakan sebelumnya, terdakwa ditangkap polisi pada tanggal 2 Agustus 2018 sekira pukul 01.15 Wita di tempat tinggalnya. Saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan, petugas menemukan tiga paket sabu yang setelah ditimbang beratnya adalah 1 gram netto.

Kepada petugas terdakwa mengaku mendapat sabu itu dari orang yang bernama Alex. Awalnya dari Alex terdakwa menerima lima paket. Yang dua paket, sudah terdakwa tempel ditempat yang diperintahkan oleh Alex. Atas pekerjaan itu, terdakwa mengaku mendapat upah Rp50 ribu. (pro)

 

Editor: Ramhamn Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment