Waspadai Kasus DBD, Pemkot Denpasar Laksanakan Fogging dan Penaburan Bubuk Larvasida

Denpasar/BaliNewsNetwork-Memasuki musim pancaroba ini yakni dimana musim yang tidak menentu, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar secara terus menerus berupaya menekan terjadinya kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) di Denpasar.

Guna membersihkan Denpasar dari kasus DBD dengan melakukan penaburan bubuk larvasida dan fogging setiap harinya secara bertahap terus dilaksanakan di seluruh wilayah Kota Denpasar yang meliputi empat kecamatan menggunakan mesin ULV (Ultra Low Volume) yakni fogging leliling dengan mesin yang diangkut dengan mobil.

Dimana penyemprotan ini bertujuan membunuh nyamuk dewasa, namun tidak dapat membunuh jentik dan telur nyamuk demam berdarah. Karena itu sebelum fogging saat ini dilakukan upaya pemberantasan jentik dan telur nyamuk terlebih dahulu dengan penaburan bubuk larvasida secara massal pada seluruh tempat-tempat penampungan air (TPA).

Kabid Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr. IB Gde Ekaputra saat di temui di Denpasar, Rabu (6/2) mengatakan, dalam menekan kasus DBD Dinas Kesehatan Kota Denpasar untuk awal tahun ini masih fokus melaksanakan penaburan bubuk larvasida sebab jika dilakukan fogging ULV pada musing hujan ini belum begitu maksimal obatnya dalam membasmi nyamuk sebab pada musim hujan ini jentik lah yang harus dibasmi terlebih dahulu.

“Apa lagi sekarang ini cuaca yang tak menentu yang sebentar panas sebentar hujan akan menyebabkan banyaknya genangan air seperti pada kontainer, selokan, wadah-wadah plastik ataupun kaleng bekas, kulit buah-buahan, lobang batu, dan lain-lain. Ini tentunya menjadi tempat yang sangat potensial bagi nyamuk aedes aegypti untuk bersarang dan berkembang biak yang berakibat pada meningkatnya penularan penyakit DBD”, ungkapnya. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment