Hadapi Pelaksanaan Pilpres-Pileg, dan Semana Santa, Polres Flotim Telah Meracik Strategi pengamanan

Kapolres Flores Timur, AKBP Denny Abrahams. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Menyongsong pelaksanaan hari pemungutan suara Pemilihan Presiden dan Pemilihan anggota Legislatif secara serentak, 17 April 2019 mendatang dan pelaksanaan ritual keagamaan khas umat Katolik  kota Larantuka menyambut Hari Raya Paskah (Semana Santa), pihak Polres Flores Timur telah meracik strategi pengamanan dan sangat siap melaksanakan pengamanan untuk dua hajatan besar yang bersamaan itu.

Dikonfirmasi balinewsnetwork.com di ruang kerjanya, Senin, 4 Pebruari 2019, Kapolres Flores Timur, AKBP Denny Abrahams, SH.S.IK terkait kesiapan pengamanan tersebut mengungkapkan pihaknya telah melaksanakan rapat internal dan telah menetapkan pola pengamanan terhadap dua hajatan besar itu dengan ‘sandi’ sendiri-sendiri. Pembagian tim pengamanan pun dipisahkan, tim Pengamanan Pemilu Pilpres-Pileg, dan tim Pengamanan Semana Santa.

“Kami telah melaksanakan rapat internal dan memetakan pola pengamanan untuk dua kegiatan besar di bulan April 2019 mendatang, yakni  hari pencoblosan Pilpres-Pileg (17 April 2019),serta kegiatan ritual keagamaan Umat Katolik khas kota Larantuka menyongsong Hari Raya Paskah atau pekan Semana Santa itu. Untuk pengamnan Pilpres-Pileg, kami melibatkan 300 lebih personil untuk pengamanan di TPS. Semuanya telah kita siapkan dan atur sesuai indikator kerawanan di setiap TPS. Jadi sudah ada rumusannya: TPS rawan I,TPS rawan II dan TPS Aman. Perbandingan penanganannya pun sesuai SOP yang dikeluarkan oleh Mabes Polri. Pun pula, terkait pengamanan Semana Santa, telah kami rapatkan dan telah kami atur pola pengamanannya,” jelas AKBP Deny Abrahams.

Sementara itu terkait  kekuatan (jumlah) personil,Kapolres pengganti AKBP Arry Vaviriyanto tersebut mengakui jumlah personil Polres Flotim  tidak cukup memback up dua hajatan akbar itu. Olehnya dirinya telah melayangkan surat ke Polda NTT dengan perihal meminta tambahan personil pengamanan dari unsur Brimob, Shabara Polda NTT, Jibom dan Polair Polda NTT.

“Teknisnya, pasukan pengamanan dibagi dua: untuk PAM TPS sendiri dan untuk Semana Santa sendiri. Karena kekurangan personil maka kami minta back up dari polda NTT. Jadi ada  BKO pasukan dari Polda NTT yang terdiri atas pasukan Brimob 1 Pleton, Jibom 10 orang untuk sterlisasi,dan 1 Regu Polair. Jumlahnya sekitar 200 personil. Kami pun telah berkoordinasi dengan pihak KPUD Flotim terkait  jadwal perhitungan suara tingkat TPS dan kelanjutannya sehingga, usai perhitungan tingkat TPS sebagian personil pengamanan TPS digeser untuk memback up pengamanan Semana Santa.Pengamanan kotak suara di tingkat PPK akan dilakukan oleh personil Polsek,” urai AKBP Denny Abrahams

Berjalan ke arah pelaksanaan kedua  hajatan akbar tersebut, Kapolres Flotim AKBP Denny Abrahams menghimbau kepada seluruh warga Flores Timur untuk senantiasa menjaga situasi keamanan dan ketertiban, serta tidak terprovokasi pada penyebaran berita hoax, serta penyebaran isu provokatif yang menyebabkan terganggunya situasi kamtibmas di wilayah Flores Timur.

“Mari, bersama-sama kita sukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Pemilihan Calon Anggota Legislatif  di 17 April 2019 mendatang  serta menyukseskan perayaan Semana Santa dengan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban dilingkungan kita masing-masing,” pinta Kapolres Denny Abrahams. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment