Redmi Resmi Berpisah dari Xiaomi, Hadirkan Perdana Redmi Note 7

Penulis: Ni Putu Putri Ayu WIjayanthi
STIKOM Bali

Denpasar/BaliNewsNetwork-Awal tahun 2019 Redmi baru saja meresmikan kehadiran Redmi Note 7. Ponsel berkamera 48 megapiksel dengan banderol mulai Rp 2 jutaan ini merupakan produk perdananya setelah lepas dari Xiaomi dan berdiri sendiri sebagai sub-brand. Seiring dengan pemisahan dirinya dari Xiaomi, Redmi turut mengumumkan desain logo baru yang berbeda dari perusahaan induknya tersebut.

Logo Redmi terlihat sederhana, hanya berupa tulisan “Redmi by Xiaomi” berwarna putih yang tertera di bagian punggung ponsel Redmi Note 7. Selain logo berbeda, Xiaomi selaku pemilik Redmi juga menunjuk bos baru untuk memimpin sub-brand tersebut, yakni Lu Weibing yang bertindak sebagai General Manager Redmi.

Pemisahan lini produk ke dalam sub-brand berbeda agaknya tengah menjadi tren di kalangan pabrikan ponsel Negeri Tirai Bambu untuk melakukan diferensiasi produk. Seperti dirangkum KompasTekno dari GSM Arena. Selain Xiaomi, Huawei diketahui memilki sub-brand Honor. Begitu pula dengan Oppo yang tahun lalu baru mendirikan merek ponsel Realme.

Xiaomi sendiri sebelumnya sudah mempunyai sub-brand Pocophone. Sebelum dipisah menjadi sub-brand, Redmi merupakan lini produk budget dari Xiaomi. Karena itu, kiprah Redmi ke depan pun kemungkinan bakal berfokus di segmen bawah. Ponsel pertamanya, Redmi Note 7, ditawarkan dengan kisaran harga Rp 2 jutaan di China. Belum ada informasi kapan ponsel baru ini akan dipasarkan di negara lain.

Bagaimana fitur Redmi Note 7?

Redmi Note 7 mempunyai body yang terbuat dari kaca berukuran 159.21 x 75.21 x 8.1mm. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa Redmi Note 7 mempunyai body yang kokoh dan tahan lama (mudah-mudahan pernyataan ini benar). Sementara, terdapat 2.5D Corning Gorilla 5 panel kaca dengan ketebalan 0.8mm tambahan di bagian depan dan belakang.

Layar Redmi Note memiliki ukuran 7 6,3 inci memilki rasio aspek 19,5: 9 dan resolusi full HD+ 2340 x 1080 piksel. Layar membawa dukungan untuk kecerahan 450-nits, rasio kontras 1.500: 1, keterbacaan matahari dan mode pelindung mata. Ukuran bezel sampingnya dikurangi menjadi 1.95mm.

Pada bagian belakang terdapat dual-camera yang berjejer secara vertikal dan flash dibawahnya. Jika kita lihat dengan seksama, Redmi Note 7 mempunyai posisi kamera yang terlihat sangat persis seperti Huawei P20 Pro.

Spesifikasi Redmi Note 7 diantaranya ialah ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660. Handset ini hadir dalam pilihan penyimpanan 32 GB dan 64 GB. Kedua model dilengkapi hingga 6 GB RAM.

Sementara itu, tertanam baterai 4000mAh yang siap mendukung aktifitas ponsel seharian penuh dengan pemakaian wajar. Redmi Note 7 juga merupakan smartphone Redmi pertama yang sudah dibekali dengan USB Type-C dan dukungan Quick Charge 4.0.

Untuk urusan fotografi, tidak perlu diragukan lagi. Satu fitur utama dari Redmi Note 7 karena dilengkapi dengan f / 1.8 aperture 48 megapixel + 5 megapixel AI dual camera setup. Redmi telah menggunakan sensor Ultra Clear Samsung ISOCELL GM1 48 megapiksel sebagai sensor utama. Perusahaan mengklaim dengan bantuan lensa Samsung, Redmi Note 7 dapat menangkap foto HD. Untuk kamera selfie, terdapat 13 megapiksel yang terdapat pada notch waterdrop ala Oppo F9.

Harga Redmi Note 7 dijajakan mulai dari 999 yuan (setara Rp 2 juta) untuk model 3/32, lalu 1.199 yuan (setara Rp 2,5 juta) untuk versi 4/64, dan model 6/64 seharga 1.399 yuan (setara Rp 3 juta).
Sampai pertengahan bulan Januari belum ada informasi mengenai kehadiran Redmi Note 7 di Indonesia. Jika memang smartphone ini akan melenggang di tanah air, semoga perusahaan dapat memenuhi regulasi yang berlaku.

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment