Pemda Flotim Bangkitkan Rasa Cinta Warga Buat Nagi Tana di  HUT Kabupaten Flores Timur

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kabupaten Flores Timur, Apolonia Corebima,SE, .Si. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Menghitung hari ! Enam hari lagi, Kabupaten Flores Timur  genap   berusia 60 tahun. Tepatnya pada tanggal 20 Desember 2018, Kabupaten yang kini sedang dipimpin Bupati Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST dan Wakil Bupati, Agustinus Payong Boli, SH tersebut bertambah 1 tahun usianya. 60 tahun,usia yang terbilang sangat matang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Haul Kabupaten Flores Timur tahun  ini dikemas dengan nuansa penuh cinta untuk  Lewo Tanah Flores Timur. Tidak hanya barisan para ASN lingkup Pemda Flotim serta barisan  pelajar di kota Larantuka yang merasakan situasi perayaan HUT Kabupaten Flotim sebagaimana  setiap tahunnya, namun haul yang ke-60 ini, Pemda Flotim melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur telah mendesain sebuah kegiatan akbar persatuan cinta warga Flotim akan Nagi Tana Flotim dalam bentuk Festival Nagi Tana dan Pemilihan Oa Pariwisata Flores Timur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flotim, Apolonia Corebima,SE, M.Si kepada BaliNewsNetwork.com di ruang kerjannya, Rabu, 13 Desember 2018 menjelaskan, untuk menanamkan rasa cinta warga  pada nagi tanah Flores Timur, maka bertepatan dengan perayaan HUT Kabupten Flores Timur dan Hari Ibu pada 20 Desember 2018 mendatang, pihaknya akan menyelenggarakan  festival budaya yang diberi nama Festival Nagi Tana.

“Konsep kita adalah perlombaan fashion show dengan dua kategori perlombaan yakni fashion show pakaian adat asli  (Lamaholot) dan fashion show  modif pakaian kerja yang diikuti oleh 19 kecamatan, terpusat di Taman Felix Fernandez Larantuka pada tanggal 20 Desember 2018. Yang mau kita tonjolkan adalah cinta terhadap khasana budaya kita Lamaholot Flotim. Salah satu di antaranya adalah mencintai hasil karya  tenunan kita sendiri, dan mendukung Peraturan Bupati Flores Timur tentang Pemakaian Pakaian Motif Daerah Flotim,” jelas Apolonia.

Khusus untuk perlombaan fashion show kategori modif pakaian kerja, perlombaan ini akan dimeriahkan dengan tampilan pakaian kerja motif khas Flotim hasil karya desainer dari Levico. Pada acara pembukaan, karya-karya Levico yang telah go international itu akan ditampilkan oleh peragawati, menyusul perlombaan pakaian kerja hasil modif desainer asal Flotim.

Tak cuma Festival Nagi Tana, perayaan HUT Kabupaten Flotim ke-60 akan dilanjuti dengan persembahan acara pemilihan Oa Pariwisata Flores Timur 2019 dan acara hiburan sepanjang masa oleh D’Rippen Production pada tanggal 30 Desember 2018. Lagi-lagi di moment ini, 80-an peserta yang telah mendaftar, kembali mengenakan busana khas Flotim. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment