Sambut HKN ke-54 Tingkat Kabupaten Flotim, Panitia Hadirkan Sehat Bersama Budaya

Perlombaan tarik tambang putri antar puskesmas,memeriahrayakan HKN ke-54 Tingkat Kabupaten Flotim, Jumat (9/11) di lapangan bola kaki, Lebao-Larantuka. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Berbeda dengan kegiatan di tahun sebelumnya, menyongsong Hari Kesehatann Nasional (HKN) ke-54, Panitia Pelaksana HKN Tingkat Kabupaten Flores Timur menghadirkan aspek budaya dalam rangkaian  kegiatan menyongsong perayaan HKN Tahun 2018 tersebut antara lain perlombaan permainan rakyat dan perlombaan tarian daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Flores Timur, dr.Ogie Silimalar yang dikonfirmasi Balinewsnetwork.com melalui Ketua Panitia HKN ke-54 Tingkat Kabupaten Flores Timur, Karolus Kopong Suban, Jumat (9/11) di sela-sela perlombaan lari karung dan perlombaan tarik tambang antar  puskesmas  dan  Dinas kesehatan serta Rumah Sakit Umum Daerah Hendrikus Fernandez, di lapangan sepak bola Lebao, Kecamatan Larantuka, mengungkapkan pihaknya telah mendesain beberapa kegiatan yang menonjolkan aspek budaya dengan tujuan tidak sekedar meramaikan perayaan tersebut, namun juga untuk menggaungkan semangat mencintai dan menumbuhkan semangat melestarikan kebudayaan Lamaholot, sebagaimana  spirit pemimpin Flotim saat ini.

“Bukan sekedar perlombaan,namun lewat perlombaan rakyat,seperti lari karung dan tarik tambang sebagaimana yang terlaksana pagi ini  serta perlombaan tarian daerah yang akan terlaksana nanti di puncak perayaan HKN 12 Nopember 2018 mendatang, kita ingin menggairahkan dan membuat suasana happy di kegiatan itu serta mempromosikan kekhasan tarian daerah dari setiap wilayah agar tumbuh semangat mencintai dan melestarikan kekayaan budaya Lamaholot kita ini,sebagaimana spirit yang selalu digaungkan oleh pemimpin daerah kita sekarang ini,” urai Karolus Kopong Suban yang juga adalah Ketua DPC Persatuan Ahli Teknologi   Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Kabupaten Flores Timur.

Menyongsong puncak perayaan HKN tersebut Panitia Pelaksana telah menyelenggarakan berbagai kegiatan seprti seminar ilmiah lintas profesi yang melibatkan Ikatan Dokter Indonsia (IDI) Flotim, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI), dan Ikatan Apoteker Indonseia (IAI) Cabang Flotim pada  tanggal 3 Nopember 2018 bertempat di aula Koperasi  Gelekat Nara, dan bakti sosial di danau Kota Kaya di desa Adonara, Kecamatan Adonara (6 Nopember 2018) yang diikuti dengan penyuluhan tentang penyakit malaria, pembersihan lingkungan  pada kawasan  danau dan pemeriksaan MBS Malaria.

“Hari ini kita menyelenggarakan kegiatan  jalan santai, perlombaan rakyat (lari karung dan tarik tambang) dan senam kesehatan yang diikuti ke-21 puskesmas dan Dinas Kesehatan serta RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka,” ungkap Karolus Kopong Suban. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment