Gara-gara 7 Paket Sabu, Rajus Dipenjara 10 Tahun

Denpasar/BaliNewsNetwork-Budi Hartono alias Rajus (24) yang diadili atas kepemilikan 7 paket sabu sabu dengan berat total 9,22 gram hanya bisa tertunduk lesu saat majelis hakim PN Denpasar pimpinan Dewa Budi Watsara menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara.

Putusan itu lebih ringan 2 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Made Lovi Pusnawan yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 12 tahun.

Majelis hakim dalam amar putusnya menyatakan terdakwa terbukti melanggar Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang RI No.35 tahun 2009 tentang narkotik, sebagaimana disebutkan dalam dakwaan alternatif ke dua JPU.

“Terdakwa tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram,” sebut hakim dalam amar putusnya.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 10 tahun dan denda 800 juta rupiah dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan penjara selama 2 bulan,” lanjut majelis hakim dalam putusannya.

Dibeberkan dalam surat dakwaan, terdakwa ditangkap pada hari Rabu 13 Juni 2018 sekitar pukul 08.40 Wita di kosnya yang beralamat di Jalan Cargo Taman, Ubung Kaja, Denpasar Barat. Saat ditangkap petugas kepolisian menemukan 7 paket sabu-sabu dengan total berat 9,22 gram netto.

Penangkapan terdakwa, berawal adanya informasi yang diperoleh petugas kepolisian. Berbekal informasi itu petugas kepolisian dari Reserse Narkoba Polres Badung melakukan penyelidikan, dan penangkapan terhadap terdakwa.

Selanjutnya petugas kepolisian melakukan penggeledahan terhadap terdakwa dan kamar kosnya. Dari hasil penggeledahan ditemukan tujuh paket sabu-sabu. Selain itu ditemukan lima bendel plastik klip kosong, alat isap, serta barang bukti terkait.

“Dari interogasi sementara, terdakwa mengaku mendapat 7 paket sabu-sabu itu dari Kadek Loco dengan cara mengambil tempelan,” ungkap Jaksa I Made Lovi kala itu. (pro)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment